USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
Abstract
Agar pelayanan yang dilakukan di bagian administrasi mahasiswa
Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau dapat memenuhi keinginan
mahasiswa maka dilakukan perbaikan kualitas yang menitikberatkan pada
pemenuhan keinginan mahasiswa. Perbaikan kualitas menggunakan metode
Quality Function Deployment dapat menerjemahkan keinginan mahasiswa ke
dalam tindkan perbaikan kualitas dari bagian administrasi fakultas. Dari hasil
penelitian diperoleh beberapa tindakan sebagai usulan perbaikan kualitas
pelayanan yaitu membuat SOP pengurusan administrasi dan
mensosialisasikannya, menentukan waktu tiap bentuk pengurusan administrasi,
melakukan perencanaan kebutuhan administrasi mahasiswa dan perpustakaan
sesuai dengan perkembangan teknologi, pegawai administrasi sebaiknya
menguasai keahlian administrasi, pegawai administrasi memperlihatkan sikap
dan kepribadian yang baik, dan dilakukan pengontrolan terhadap pelayanan
administrasi.