PERANCANGAN RAGAM INTERAKSI PADA MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPUTER TINGKAT SEKOLAH DASAR
Abstract
Pemanfaatan teknologi komputer dalam banyak bidang, tidak terkecuali pendidikan,
memicu berbagai dampak selain dari sisi informasi yang selalu berkembang juga dalam hal
penyajiannya sebagai bentuk interaksi manusia komputer yang diharapkan mampu
meningkatkan produktivitas pengguna itu sendiri.HCI(Human Computer Interaction) bukan
hanya berfokus pada perancangan antar muka, namun juga aspek dan efeknya yang terkait
dengan berbagai disiplin ilmu. Dukungan pembelajaran berbasis multimedia mulai dirintis pada
sekolah MIN Tinawas Boyolali sebagai tempat studi kasus dalam mata pelajaran pengenalan
komputer. Media pembelajaran diwujudkan dalam CBT (Computer Based Training) yang
memanfaatkan media CD-Rom dan disk-based sebagai media pendidikan. Sebuah CD-Rom bisa
terdiri dari video clip, animasi, grafik, suara, multimedia dan program aplikasi.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menganalisis permasalahan,
menentukan kebutuhan pengguna, merancang, mengimplementasikan dan uji coba sistem di
lokasi studi kasus . Hasilnya dianalisis dan diambil kesimpulan, untuk kemudian dapat menjadi
umpan balik bagi pengembangan sistem lebih lanjut.
Hasil dari penelitian ini adalah terwujudnya media pembelajaran pengenalan komputer
untuk SD/MI berbasis multimedia untuk memberikan fasilitas pengajaran bagi guru dan
menumbuhkan siswa yang aktif dalam belajar secara mandiri untuk mengembangkan khasanah
pengetahuan yang tidak terbatas.