Show simple item record

dc.contributor.authorYuliana, Irma
dc.contributor.authorKusumawati, anti Hera
dc.date.accessioned2013-06-01T03:14:36Z
dc.date.available2013-06-01T03:14:36Z
dc.date.issued2012-07
dc.identifier.citationArsyad Azhar, 2003. Media Pembelajaran, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. Carroll. John.M. 2003. HCI Models, Theories and Framework – Towards a Multidisciplinary Science. San Francisco : Morgan Kaufmann Publishers. Dwipeni Enggar Hindraswari, 2008.Teknologi Informasi dan Komunikasi SD Jilid 1, Bandung : Erlangga. Dwipeni Enggar Hindraswari, 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi SD Jilid 3, Bandung : Erlangga. Dwipeni Enggar Hindraswari, 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi SD Jilid 5, Bandung : Erlangga. Harnifah Zuli, 2010. Media Pembelajaran SAINS Makhluk Hidup dan Lingkungan untuk Anak SD Berbasis Multimedia pada SD Negeri Darat, Yogyakarta : AMIKOM Yogyakarta. Hartono Setyo Wawan, 2007. Panduan Belajar Desain Grafis Corel Draw X3, Yogyakarta : Andi. Indriyati Nila, 2011. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pengenalan Tokoh-Tokoh Proklamasi 17 Agustus 1945 pada Persiapan Pelaksanaan Proklamasi untuk anak Sekolah Dasar, Yogyakarta : AMIKOM Yogyakarta. Kunandar, 2007. Guru Profesional Implementasi Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) & Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. Seno Adjie, 2006. Macromedia Flash Prosfesional 8, Jakarta : Dian Rakyat. ed). United States of America : Pearson Education, Inc. Shneiderman Ben, & Catherine Plaisant, 2005. Designing The User Interface.(4 Sutopo Hadi Ariesto, 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Yogyakarta : Graha Ilmu. th Suwami, H.J, Swindio Hs, Maryanto, Sulijan, 2000. Buku Pegangan Kuliah FKIP Belajar dan Pembelajaran 1, Surakarta : Universitas Sebelas Maret. Winarno, Patwary A Md, Yasid Abu, Marzuki Rini, Setiarini S Endah, Alimah Siti, 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran, Genius Prima Media. Yudhiantoro Dhani, 2007. Mengolah Foto dari Kamera Handphone dengan Photoshop CS2, Yogyakarta : Andi.en_US
dc.identifier.issn2087-085X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3075
dc.description.abstractPemanfaatan teknologi komputer dalam banyak bidang, tidak terkecuali pendidikan, memicu berbagai dampak selain dari sisi informasi yang selalu berkembang juga dalam hal penyajiannya sebagai bentuk interaksi manusia komputer yang diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pengguna itu sendiri.HCI(Human Computer Interaction) bukan hanya berfokus pada perancangan antar muka, namun juga aspek dan efeknya yang terkait dengan berbagai disiplin ilmu. Dukungan pembelajaran berbasis multimedia mulai dirintis pada sekolah MIN Tinawas Boyolali sebagai tempat studi kasus dalam mata pelajaran pengenalan komputer. Media pembelajaran diwujudkan dalam CBT (Computer Based Training) yang memanfaatkan media CD-Rom dan disk-based sebagai media pendidikan. Sebuah CD-Rom bisa terdiri dari video clip, animasi, grafik, suara, multimedia dan program aplikasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menganalisis permasalahan, menentukan kebutuhan pengguna, merancang, mengimplementasikan dan uji coba sistem di lokasi studi kasus . Hasilnya dianalisis dan diambil kesimpulan, untuk kemudian dapat menjadi umpan balik bagi pengembangan sistem lebih lanjut. Hasil dari penelitian ini adalah terwujudnya media pembelajaran pengenalan komputer untuk SD/MI berbasis multimedia untuk memberikan fasilitas pengajaran bagi guru dan menumbuhkan siswa yang aktif dalam belajar secara mandiri untuk mengembangkan khasanah pengetahuan yang tidak terbatas.en_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectCBTen_US
dc.subjectHCIen_US
dc.subjectTeknologi Informasi dan Komunikasien_US
dc.titlePERANCANGAN RAGAM INTERAKSI PADA MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPUTER TINGKAT SEKOLAH DASARen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record