Efektifitas Penggunan Media dalam Meraih Calon Mahasiswa Baru: Studi Kasus pada Lima Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis media paling efektif, yang dapat digunakan
untuk memperoleh calon mahasiswa baru bagi perguruan tinggi. tujuan lain adlah untuk
memperoleh gambaran berbagai alternatif media yang dapat digunakan untuk
menyebarluaskan informasi keberadaan sebuah perguruan tinggi.
penelitian multiple case studi ini menggunakan subyek penelitian meliputi mahasiswa baru tahun
akademik 2010-2011 pada lima perguruan tinggi swasta di Surakarta, meliputi : UMS, UNISRI,
UTP, UNIBA, dan UNIVET. pengambilan sampel dengan random untuk mengambil 50 secara
incidential untuk setiap perguruan tinggi. Data dikumpulkan melalui angket. Selanjutnya data dianalisis
menggunakan Analisis Varian Klasifikasi Tunggal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata jumlah media yang berhasil mempengaruhi kelima
PTS berbeda satu dengan yang lain, 2) variasi dan banyak model publikasi mempengaruhi jumlah calon
mahasiswa pendaftar, 3) jenis media yang memiliki efektifitas tinggi adalah; mahasiswaPTS itu sendiri,
Forum mahasiswa Daerah, spanduk, anjangsana ke sekolah-sekolah, dan iklan urdoor.