Pengaruh Sarana dan Biaya Pendidikan Terhadap Hasil Belajar di Sekolah Menengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sarana dan biaya
pendidikan terhadap hasil belajar di sekolah menengah di kota Klaten. Apakah biaya
pendidikan merupakan variabel moderating dari sarana pendidikan terhadap hasil belajar.
Populasi penelitian adalah penyelenggara sekolah di SMU N I, SMK N I, SMK N II dan SMK N III
Klaten. Pengambilan sampel dilakukan dengan non random sampling (judge ment), wa-laupun
demikian tetap mempertimbangkan stratifikasi/ klasifikasi responden sesuai dengan tugas dan tanggung
jawabnya. Masing-masing sekolah diambil sampel sebanyak 30 responden, jadi ada 120 responden.
Data dikumpulkan dengan metode angket dan dilengkapi dengan metode dokumen dan wawancara.
Angket dibuat tertutup dengan skala Likert. Data dianalisis dengan program SPSS for. Windows
11,0 dengan teknik Regresi tunggal dan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana pendidikan yang ada termasuk baik, biaya pendidikan
termasuk cukup baik dan hasil belajar sekolah menengah di kota Klaten termasuk baik, artinya sudah
memenuhi standard pelayanan minimal pendidikan dan pengajaran yang ditetapkan oleh Departemen
Pendidikan Nasional. Sarana pendidikan dan biaya pendidikan berpengaruh positif terhadap hasil
belajar. Biaya pendidikan bukan merupakan variabel mode-rating dari hubungan sarana pendidikan
dengan hasil belajar.