Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan di Apotek Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sragen
Abstract
Salah satu tantangan dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah terpenuhinya
harapan masyarakat akan mutu kualitas pelayanan farmasi. Rumah sakit selaku penyedia jasa
dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mencapai kepuasan masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan
terhadap pelayanan obat yang dilakukan oleh apotek instalasi farmasi RSUD Sragen. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan kriteria pasien
rawat jalan dan pengantarnya, umur 15 sampai 60 tahun. Pemilihan sampel dengan metode
purposive sample. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner yang pertanyaannya mencakup 5
dimensi yaitu keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan berwujud. Pengolahan dan analisis
data dengan mencari nilai korelasi, yaitu membandingkan persepsi harapan pasien terhadap
pelayanan di apotek instalasi farmasi RSUD Sragen dan uji validitas dan reliabilitas. Kinerja
instalasi farmasi sebagian besar telah sesuai dengan harapan pasien, pasien merasa puas
terhadap pemberian informasi cara pakai obat, cara penyimpanan obat, kejelasan penulisan etiket,
efek samping obat, tindakan ketika lupa minum obat, fasilitas nomor antrian, keyakinan
memperoleh obat dengan benar, kepahaman terhadap informasi obat, pelayanan tanpa
memandang status sosial, ketanggapan terhadap keluhan pasien, pemantauan keberhasilan
pengobatan, komunikasi yang baik, kenyamanan ruang tunggu, kebersihan lingkungan apotek dan
tersedianya brosur kesehatan serta pasien merasa cukup puas terhadap waktu menunggu obat.