Pendidikan Sastra Berorientasi pada Kompetensi Bersastra: Mencari Format Pembelajaran Sastra yang Inovatif
Abstract
Pembelajaran sastra yang memrihatinkan hamper selalu mengemuka di berbagai forum. Kondisi tersebut berakar pada kompetensi guru sastra yang tidak paham sastra atau tidak memiliki kompetensi bersastra. Tulisan ini akan membahas bagaimana format pendidikan sastra yang berorientasi pada kompetensi siswa dalam bersastra? Pendekatan, strategi, dan metode inovatif apa yang layak dipakai dalam pembelajaran sastra yang apresiatif? Bagaimana langkah-langkah dalam pembelajaran sastra yang berorientasi pada kompetensi bersastra?
Hasil pembahasan menunjukkan untuk mengubah kondisi, harus dilakukan reorientasi yakni pembelajaran sastra di sekolah harus berorientasi pada kompetensi ssiswa dalam bersastra. Strategi yang dapat dilakukan adalah 1) Mengubah prinsip pembelajaran sastra, 2) Strategi andragogi, 3) Pendekatan konstruktivistik, integral, dan kontekstual, 4) Metode kooperatif. Lankah-langkah yang dilakukan meliputi 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan, 3)Refleksi.