Show simple item record

dc.contributor.authorPutro, Ely Prihmono Suwarso
dc.date.accessioned2013-09-26T08:39:55Z
dc.date.available2013-09-26T08:39:55Z
dc.date.issued2013-03-01
dc.identifier.citationDepdiknas. 2006. Pedoman Model Penilaian Kelas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BP Cipta Jaya. Genesee, Fred and John A. Upshur. 1997. Classroom-based Evaluation in Second Language Education. Cambridge: Cambridge University Press. Guba, Egon G. and Yvonna S. Lincoln. 1981. Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Publisher. Johnson, Elaine B. 2006. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Center. Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE. Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Penerbit CV Wacana Prima. Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bandung: PT Bumi Aksaraen_US
dc.identifier.isbn978-979-1032-99-5
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3492
dc.description.abstractPenilaian kelas dapat dilakukan dengan berbagai teknik atau cara. Beberapa teknik atau cara yang dapat dipilih adalah penilaian unjuk kerja (performance), penilaian sikap, penilaian tertulis (paper and pencil test), penilaian proyek, penilaian produk, penilaian melalui kumpulan hasil kerja/karya peserta didik (portofolio), dan penilaian diri (Depdiknas, 2006: 91). Penilaian kelas merupakan implementasi Peratutan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Peraturan ini berisi tentang Standar Pendidikan Nasional. Standar pendidikan tersebut berpengaruh terhadap sistem penilaian, model penilaian, dan teknik penilaian yang dapat dilakukan di kelas. Penilaian kelas dirancang untuk memberi kesempatan peserta didik menunjukkan apa saja yang dipahami dan mampu dikerjakan. Hal tersebut dimungkinkan karena penilaian kelas mencakup input factors (student’s need and abilities, time, attitude, resource, facilities, support, teacher’s abilities), instructional purposes, instructional plans, instructional practice, dan outcomes (Genesse and John A. Upshur, 1997: 37). Penilaian yang dilakukan berdasarkan hal-hal di atas menciptakan suasana yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga mereka tidak mengalami tekanan saat mengerjakan tugas-tugas sebagai bagian penilaian yang sedang dihadapinya.en_US
dc.publisherIkatan Alumni MPB bekerja sama dengan Magister Pengkajian Bahasa Program UMSen_US
dc.subjectMetode Belajar Mengajaren_US
dc.titleEfektivitas Bimbingan Online Dalam Pembelajaran Menulis Di SMA (Penerapan Bimbingan Online dalam Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record