Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Tuntutan, Fakta, Dan Solusi)
Abstract
Kemajuan masa depan manusia dan bangsa bergantung pada
kemajuan guru; pembangunan masa depan yang cerah bertumpu pada
seberapa besar investasi pada guru. Guru memiliki keberadaan dan
kedudukan sangat sentral dan vital dalam sistem pendidikan
persekolahan di samping memiliki fungsi dan peranan sangat strategis
bagi keberhasilan pendidikan dan pembelajaran.
Mengingat sedemikian sentral dan strategisnya keberadaan,
kedudukan, dan fungsi serta peranan guru, munculnya berbagai aturan
baik internasional maupun nasional. PBB melalui ILO dan
UNESCO pada dasawarsa 1960-an yang pada 1966 mengeluarkan
ILO/UNESCO Recommendation Concerning that Status of Teachers yang
mengatur seluk beluk guru sebagai sebuah profesi dan seorang
professional (Rahman, 2012: 97)
Sebagai sebuah profesi, guru harus dimasuki oleh orang-orang
professional; guru bukanlah buruh semata-mata yang bisa dilakukan
oleh sembarang orang. Dengan kata lain, guru harus dimasuki oleh
orang-orang yang telah memperoleh pendidikan profesional, tidak
bisa sembarang pendidikan menerjuni profesi guru.