Perbaikan Mutu Pelayanan di Food Market X dengan Menggunakan Metode Modified Importance Performance Analysis
View/ Open
Date
2013-03-28Author
Hanky, Fransiscus
Sitorus, Hotna Marina
Sitorus, Hotna Marina
Nurjanah, Yane Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
Perindustrian saat ini telah berkembang dengan pesat yang mengakibatkan perusahaan harus
semakin kompetitif agar mampu bersaing dalam memperebutkan pasar. Saat ini konsumen mulai
lebih kritis dalam menilai suatu produk atau jasa, sehingga menimbulkan semakin tingginya
tuntutan untuk memperoleh produk atau jasa yang berkualitas. Kepuasan konsumen akan
berdampak pada keberhasilan suatu bisnis, khususnya bisnis pada industri jasa. Saat ini banyak
pelaku bisnis yang mendirikan tempat makan yang terdiri dari beberapa tenant dengan jenis
makanan yang bervariasi di kota Bandung, salah satunya adalah Food Market X. Konsumen akan
menilai kualitas dari pelayanan yang diperoleh. Atribut-atribut yang dapat mempengaruhi kepuasan
konsumen terhadap pelayanan pada Food Market X perlu diperhatikan agar dapat meningkatkan
kualitas pelayanan. Atribut-atribut pelayanan diidentifikasi dengan melakukan wawancara terhadap
17 responden dengan menggunakan Critical Incident Technique. Atribut-atribut pelayanan dapat
digunakan untuk membandingkan pelayanan Food Market X dengan food market lainnya. Metode
Modified Importance Performance Analysis (Modified IPA) digunakan untuk memetakan hubungan
antara performansi perusahaan dengan nilai relative performance index. Hasil metode Modified IPA
menunjukkan terdapat 16 atribut yang harus diperbaiki. 16 atribut yang harus diperbaiki ini
dianalisis dan diberikan usulan-usulan perbaikan seperti memperbaiki tata letak tenant,
memberikan rekomendasi menu-menu favorit pada menu, memasang hiasan dinding, dan lain-lain.