Pergeseran Orientasi Pendidikan Karakter pada Masyarakat Jawa
dc.contributor.author | Ulya, Laila Listiana | |
dc.contributor.author | A’yun, Qurrota | |
dc.contributor.author | Septifani, Riski | |
dc.contributor.author | Moordiningsih | |
dc.date.accessioned | 2013-12-12T08:08:56Z | |
dc.date.available | 2013-12-12T08:08:56Z | |
dc.date.issued | 2013-06-01 | |
dc.identifier.citation | Al Qur’an Digital Versi 2.1. (2004) Bratawijaya, T. W. (1997). Mengungkap dan mengenal budaya Jawa. Jakarta : PT. Pradnya Paramita Hardjowirogo, M. (1989). Manusia Jawa. Jakarta: CV. Haji Masagung Hadits Digital Versi 3.2. (2010) Hidayat, M. F. (2010). Pendidikan karakter: membangun peradaban bangsa. Surakarta : Yuma Pustaka Kesuma, D., dkk. (2011). Pendidikan karakter : kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga : penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta : Kencana Magins, Franz dan Suseno. (2003). Etika Jawa. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum Q-Anees, B. dan Hambali, A. (2009). Pendidikan karakter berbasis Al Quran. Bandung : Simbiosa Rekatama Media Samani, M. dan Hariyanto. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Santoso, IB (2012). Nasehat Hidup Orang Jawa. Cet 3. Yogyakarta : Diva Press | en_US |
dc.identifier.isbn | 9789796361533 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3955 | |
dc.description.abstract | Esensi dari pendidikan bertujuan untuk mengubah perilaku seseorang kearah yang lebih baik. Sehingga pendidikan karakter perlu diajarkan sejak dini. Fenomena yang terjadi saat ini bahwa pendidikan karakter sangat di dengung-dengungkan di kalangan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami penanaman karakter yang dipilih oleh orangtua kepada anak pada masa kini maupun di masa depan. Metode pendekatan menggunakan metode kualitatif dan pengambilan data menggunakan kuesioner terbuka kepada 274 staf edukatif dan administratif yang berusia dewasa pada Perguruan Tinggi swasta di Surakarta. Analisis data dilakukan dengan membuat kategorisasi dan frekuensi dengan tema-tema yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pergeseran pendidikan karakter dari orang tua ke anak. Untuk masa saat ini karakter membangun hubungan interpersonal dengan orang lain merupakan karakter hasil dari didikan orang tua di masa lalu yang paling nyaman dan sesuai dengan kondisi saat ini. Sementara pendidikan karakter untuk anak-anak mereka di masa depan, karakter yang terkait dengan penanaman nilai-nilai ketakwaan dan ketaatan kepada Tuhan lebih diutamakan. Kondisi ini membuktikan terjadinya pergeseran orientasi pendidikan karakter untuk anak di masa yang akan datang. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | pergeseran orientasi | en_US |
dc.subject | pendidikan karakter | en_US |
dc.subject | masyarakat Jawa | en_US |
dc.title | Pergeseran Orientasi Pendidikan Karakter pada Masyarakat Jawa | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
Parenting: Optimalisasi Peran Orangtua dalam Pendidikan Karakter Bangsa