Peran Keluarga Inti dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Remaja
Abstract
Belajar merupakan kewajiban dari setiap remaja yang berada dalam usia sekolah.
Namun demikian remaja seringkali mengalami hambatan dalam belajar, kurang bersemangat,
malas dan lebih memilih aktivitas lain ketimbang belajar. Salah satu faktor yang berperan
dalam menumbuhkan motivasi belajar adalah lingkungan belajar yang kondusif dimana
lingkungan tersebut dapat tercipta melalui peran keluarga inti. Hasil penelitian pada remaja
yang bersekolah di SMP Al-Muayyad Surakarta menunjukkan bahwa peran dukungan
kelurga inti untuk menumbuhkan motivasi belajar putra putrinya adalah 21%. Namun
demikian bila dilihat dari masing-masing komponen yang ada di dalam dukungan keluarga
inti maka dengan menggunakan analisis regresi perbandingan bobot prediktor diperoleh
hasil: komponen instrumental memberikan peran 12,36%, komponen informasi 1,49%,
komponen penilaian 4,31%, dan komponen emosional 68,16%.