School Readiness Anak ditinjau dari Persepsi terhadap Pola Komunikasi dengan Orangtua
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi anak tentang
pola komunikasi orang tua dengan capaian kesiapan sekolah (school readiness) mereka,
utamanya dalam memasuki masa transisi dari TK ke SD. Memperkuat peran orang tua
merupakan salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kesiapan anak masuk sekolah.
Anak akan beradaptasi dengan lebih baik, ketika dia mendapat dukungan dan penerimaan
dari orang tua, guru, dan teman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang
dilakukan di SDIT Harapan Ummat Jember dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa
kelas 1. Kesiapan sekolah diukur dengan Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (NST),
sedangkan persepsi terhadap pola komunikasi orang tua diukur dengan yang diadaptasi dari
Parent-Child Communication Scale. Data penelitian dianalisis dengan teknis analisis regresi
sederhana.Adapun hasilnya menunjukkan nilai R = 0,199 dengan R
96
2
= 0,039 artinya
persepsi anak terhadap pola komunikasi orang tua memberikan sumbangan sebesar 3,9%
bagi capaian kesiapan sekolah. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan nilai F
hitung sebesar 0.273 dengan mempergunakan signifikansi sebesar 0.05, sedangkan F tabel
ditemukan sebesar 7.94. Selanjutnya terlihat bahwa F hitung ≤ F tabel, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa persepsi anak tentang pola komunikasi dengan orang tua tidak
berpengaruh terhadap kesiapan sekolah mereka.