Show simple item record

dc.contributor.authorPurba, Sartika
dc.date.accessioned2013-12-20T09:40:08Z
dc.date.available2013-12-20T09:40:08Z
dc.date.issued2013-12
dc.identifier.citationArismunandar, I. R. (2009), “Pemrograman dan Simulasi Penentuan Harga Jual Produk Industri Makanan Ringan Menggunakan Pendekatan Logika Kabur dengan Memperhatikan Persepsi Konsumen”, ST Thesis, Jurusan Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Fauzijah, A., and Zain, M.Y., (2005), “Aplikasi Penentuan Harga Jual Kamar Menggunakan Metode Activity Based Costing (ABC)”Media Informatika, Vol.3 No.1, Juni 2005, 1-10. Sinaga, A. A. (2008), “Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Susu Segar”, ST Thesis, Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor, Bogor. Sirait, R. C. R. (2007), “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Penentuan Harga Jual Produk Coca Cola Pada PT. Coca Cola Bottling Indonesia Unit Medan”, ST Thesis, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara, Medan. Soetanto, P., (2001), “Implementing Fuzzy Logic in Determining Selling Price”Jurnal Teknik Industri, Vol. 2 No.1, Juni 2000, 42–52, Program Studi Teknik Industri, Universitas Kristen Petra, Surabaya. Solikin, F. (2011), “Aplikasi Logika Fuzzy dalam Optimisasi Produksi Barang Menggunakan Metode Mamdani dan Metode Sugeno”, ST Thesis, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakartaen_US
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4052
dc.description.abstractDalam masa persaingan industri seperti sekarang ini, harga merupakan faktor penting yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli suatu produk. Di dalam penetapan harga sebuah produk, terdapat berbagai macam faktor internal yang membentuk harga produk, misalnya biaya bahan baku utama, biaya bahan pendukung, biaya tenaga kerja, tingkat kesulitan membuat model produk, biaya distribusi, dan lain-lain. Selain itu, harga produk juga dipengaruhi oleh profit yang ingin diraih produsen. Namun, pada masa persaingan sekarang ini, penetapan harga kini tak lagi bersifat statis yakni hanya bergantung pada biaya-biaya dan profit yang diinginkan produsen, melainkan bersifat dinamis dimana harga semakin berorientasi pada permintaan yang dipengaruhi oleh faktor persepsi konsumen yang sangat sensitif terhadap harga dan produk sejenis dari kompetitor. Kondisi ini membuat penentuan harga menjadi sangat sulit (Soetanto, 2001).Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan harga produk dengan mempertimbangkan kedua faktor penting tersebut yaitu faktor internal dan eksternal.Dalam penelitian ini dilakukan kajian dengan menggunakan metode logika kabur (fuzzy logic) dalam fuzzy logic toolbox di software Matlab terhadap penentuan harga produk dengan memperhatikan faktor proyeksi keuntungan, persepsi konsumen, dan harga kompetitor sebagai membership function.Penelitian dilakukan di Industri Kerajinan Kulit milik Bapak Roosman, yang berlokasi di Desa Wisata Manding, Yogyakarta.Hasil perhitungan dari metode logika kabur (fuzzy logic) ini akan dibandingkan dengan metode mark-up pricing yang umum digunakan dalam penentuan harga. Setelah itu, hasil perhitungan dari metode logika kabur (fuzzy logic) ini kemudian akan divalidasi oleh expert judgment untuk mendapatkan range harga jualyang optimal dengan tetap menguntungkan bagi produsen, terjangkau oleh konsumen, dan mampu bersaing di pasaran. Hasil uji MAPE menunjukkan tingkat error yang sangat kecil yaitu 2% sehingga hasil perhitungan dari fuzzy logic dapat diterapkan pada kondisi nyataen_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectfuzzy logicen_US
dc.subjectfuzzy logic toolboxen_US
dc.subjectharga jualen_US
dc.subjectmembership functionen_US
dc.subjectsoftwareMatlaben_US
dc.titlePenentuan Harga Produk Kerajinan Kulit Menggunakan Pendekatan Fuzzy Logic dengan Empertimbangkan Proyeksi Keuntungan, Persepsi Konsumen, dan Harga Kompetitor (Studi Kasus Toko Kerajinan Kulit Roosman, Sentra Kerajinan Kulit Manding, Bantul)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • Simposium Nasional Ke-12 RAPI 2013
    Pengembangan Teknologi Berbasis Pendekatan Kluster & Konsorsium Riset Menuju Masterplan Pengembangan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)

Show simple item record