EVALUASI KINERJA ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN PERSEPSI PENUMPANG (STUDI KASUS ANGKUTAN UMUM BUS JURUSAN SURAKARTA – YOGYAKARTA)
Abstract
Kota Surakarta merupakan kota perdagangan. Yogyakarta merupakan kota pelajar dan
Kota budaya. Meskipun kedua kota mempunyai karakteristik yang berbeda tetapi saling
mendukung dan saling berhubungan. Salah satu faktor pendukung kelancaran hubungan kedua
kota adalah angkutan umum. Pada saat sekarang angkutan umum Yogyakarta – Surakarta
terutama angkutan umum bus perlu evaluasi sejauh mana kinerja dan sejauh mana persepsi
penumpang yang kaitannya dengan pengguna. Tujuan penelitian adalah menganalisis persepsi
pengguna angkutan umum bus yang kaitannya dengan pelayanan, kenyamanan, waktu tempuh
dan ongkos umum bus trayek Yogyakarta – Surakarta. Manfaat penelitian adalah sebagai
masukan kepada pemerintah, pengusaha dan pengguna sehingga bisa berkembang dengan pesat.
Metode penelitian adalah data primer dan data sekunder dianalisis meliputi : waktu sirkulasi,
jumlah putaran, Jumlah naik turun penumpang, kinerja dan persepsi pengguna angkutan umum
bus jurusan Yogyakarta – Surakarta. Hasil penelitian adalah: tarif penumpang pukul 06.00-
08.00 headway 3 menit dan pukul 08.00-18.00 headway 5 menit, load factor rata-rata
55.83 % sebesar Rp. 8.718,58. Tarif penumpang pukul 06.00-08.00 headway 4.5 menit
dan pukul 08.00-18.00 headway 7.5, menit, load factor 83.75 % sebesar Rp. 5.812,34.
Tarif penumpang di lapangan sebesar Rp. 8.000,00. Tarif batas bawah Rp. 5.800,00 tarif
batas atas Rp. 8.650,00. Waktu tempuh 1jam 35 menit. Jam operasi 3 sirkulasi adalah 11 jam
17 menit. Persepsi pengguna waktu tempuh 1 jam 30 menit – 1 jam 40 menit. Headway 5 –
6 menit, kenyamanan cukup nyaman, keamanan cukup aman .Tarif menurut persepsi penguna
adalah Rp. 7.000,00 - Rp. 8.000,00