Show simple item record

dc.contributor.authorSetyaningrum, Ratih
dc.contributor.authorTontowi, Alva Edy
dc.date.accessioned2014-07-03T03:38:51Z
dc.date.available2014-07-03T03:38:51Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.citationAntaranews, 2012. Paling mahal, harga mobil di Malaysia. Tanggal akses 15 Februari 2012. Chong Ho Yu, 2012. Beyond Gross National Product: An Exploratory Study of the Relationship between Program for International Student Assessment Scores and Well-being Indices. Review of European Studies; Vol. 4, No. 5; 2012ISSN 1918-7173 E-ISSN 19187181.Published by Canadian Center of Science and Education. Clark,2009. Back to the future, or forward?Hongkong design, image and branding.Design Issues.Vol.25,No.3.Massachusett Intitute of Technology Cross & Smits,2005 Japan, the US and the globalization of children customer culture.Journal of Social History. Pennsilvania University. Diener, E. (2000). Subjective well-being: The science of happiness and a proposal for a national index. American psychologist, 55, 34-43. http://dx.doi.org/10.1037//0003-066X.55.1.34 IMF World Economics database, oktober 2013 Investordaily, 2013. Penjualan tablet di Indonesia tertinggi se_Asis Tenggara. Tanggal akses 11 Oktober 2013. Lin et al. Designing culture into modern product : a case study of cultural product design. Maslow, A.1970. Motivation and personality. Halper and Row. Marcus,2001. Cross-cultural user-interface design.Prosiding Vol 2. Human Computer Interface Internet (HCII).New Orlean,LA,USA. Merdeka, 2011. Indonesia belum siap penuhi standart produk elektronik.Tanggal 8 Februari 2011. Moalosi,2007. Culture-oriented product design. IADSR. Permenakertrans No.13 Tahun 2012 Procton et al, 2011. Understanding & Improving cross-cultural decision making in design and use of digital.Media : research agenda.Journal of Human-Computer Interaction 27(2),151-190.en_US
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4512
dc.description.abstractPurcahasing Power Parity (PPP) dan Atlas method telah digunakan untuk menentukan nilai GNI per kapita suatu negara. Nilai GNI tersebut digunakan sebagai indikator perekonomian. Sementara itu, cost of living indicator (CL) gunakan sebagai acuan untuk menentukan kualitas hidup layak. Namun saat ini penentuan tingkat kesejahteraan berdasarkan pada GNI per kapita. Pengukuran dengan cara tersebut kurang akurat karena hanya berdasarkan kondisi perekonomian negara secara general. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai hubungan antara GNI per kapita dan CL untuk menentukan tingkat kesejahteraan.Dalam studi awal ini, data GNI per kapita dan CL diambil hanya untuk negara ASEAN saja dengan produk berbasis budaya. Kemudian dilakukan komparasi dengan membandingkan GNI per kapita berdasarkan Altlas Method (current US$) dan PPP (Internasional $). Produk budaya seperti alat elektronik dan mobil dianalisis menggunakan hirarki Maslow. Tingkat kesejahteraan negara ditentukan dengan membandingkan daya beli (PPP) dengan cost of living indicator (CL). Penyebaran produk elektronik dan mobil juga dipetakan berdasarkan kemampuan daya beli masyarakat (PPP). Hasil analisis menunjukkan bahwa perbandingan Atlas method dengan PPP yang tertinggi di negara-negara ASEAN adalah Singapura (0,77). Hal tersebut berarti bahwa masyarakat Singapura memiliki kemampuan daya beli tertinggi diantara negara ASEAN lainnya. Sedangkan perbandingan antara PPP dengan CL menunjukkan bahwa Philipina memiliki nilai rasio tertinggi di negara-negara ASEAN yaitu sebesar 1,13. Hal tersebut berarti warga negara Philipina memiliki kesejahteraan diatas rata-rata. Berdasarkan pemetaan produk, diperoleh bahwa rasio daya beli dan cost of living indicator (PPP/CL) suatu negara tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas dan harga produk yang dipasarkan. Hal tersebut berarti bahwa pengambilan keputusan dalam memilih produk ditentukan oleh faktor lainnya.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectMaslow needsen_US
dc.subjectPurchasing Power Parityen_US
dc.subjectLiving costen_US
dc.subjectCulture producten_US
dc.titleStudi Purchasing Power Parity&Cost of Living Indicator sebagai Acuan Pemenuhan Kebutuhan Produk Berbasis Budayaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record