Desain Strategi Pengembangan UKM dengan Kombinasi Metode Benchmarking dan Blue Ocean Strategy
View/ Open
Date
2014-03-27Author
Albar, Firman Bani
Wisudianto, Angga
Mubiena, Ghaida Fatcha
Mansur, Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
Ikon Yogyakarta sebagai kota budaya dan pendidikan memberikan dampak yang strategis terhadap
berdirinya usaha dibidang kuliner, mulai dari tradisional kuliner hingga modern kuliner. Seringkali
dijumpai banyak pelaku usaha kuliner mempunyai produk dan segmen yang sama, sehingga
mengakibatkan persaingan yang sangat ketat. Jenis bisnis kuliner yang semakin banyak membuat
persaingan bisnis menjadi semakin kompetitif. Perusahaan memerlukan strategi untuk membantu dalam
mengembangkan persaingan dalam dunia bisnis. Penelitian difokuskan untuk mengembangkan UKM
SKIA Mini Caffe, dimana bidang kuliner yang ditangani dibidang usaha burger. Metode yang
digunakan dalam mengembangkan UKM SKIA Mini Caffe dalam tujuan untuk memenangkan
persaingan adalah metode Benchmarking dan Blue Ocean Strategy. Dari kombinasi metode
Benchmarking dengan Blue Ocean Strategy pada SKIA Mini Caffe tersebut didapatkan sebuah value
innovation yang menjadi desain strategi dalam memenangkan persaingan untuk mengembangkan
UKM. Value innovation tersebut diantaranya berupa penawaran discount yang diberikan khusus bagi
konsumen, promo dalam menarik konsumen sehingga dapat mengikat konsumen, sistem antar pesanan
atau delivery bagi konsumen yang mengorder produk UKM, dan adanya fasilitas hotspot yang
diberikan demi kenyamanan dalam daya terik perusahaan terhadap konsumen.