Show simple item record

dc.contributor.authorSuranto, Suranto
dc.date.accessioned2014-07-03T05:10:55Z
dc.date.available2014-07-03T05:10:55Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.citationAgung Budi Susanto, 2012. Sinergitas Pendidikan Vokasi dan Industri untuk menjawab Kebutuhan Tenaga Kerja Terampil. Makalah Seminar Nasiona. di Grand Aston Jogjakarta. 29 November 2012. Badan Pusat Stastistik. 2011. Laporan presiden republik indonesia. ketenagakerjaan dan pengangguran. Jakarta. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Goodsell, 2005. Vocatinal educational. a paper presented in partial fulfillment for TED 531 History and Philosophy of Technology Education State University of New York-Oswego, diambil pada tanggal 19 Oktober 2010, dari http://www.oswego.edu. Santoso, Singgih. 2001. Analisis Multivariat. PT. Alex Mediatindo. Jakarta. Sulipan, 2006. Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Berbasis Kompetensi. Diambil tanggal 12 Juni 2011 http://www.geocities.com pp, 4-8 Suranto. 2012. Developing the Entrepreneurship Incubator Model to Increase Students Independence of Entrepreneurship Mentality,. Dissertation. Yogyakarta: Graduate School, Yogyakarta State University, 2012. Suranto, 2013. Dokumentasi Photo Penelitian Mahasiswa Program Mekanik Alat Berat, Sekolah Vokasi Universitas Muhammadiyah Surakarta., tidak diterbitkan.en_US
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4524
dc.description.abstractPendidikan vokasi bertujuan menghasilkan dan membentuk karakter lulusan agar siap kerja, siap mandiri dan siap berkarya dibekali kecakapan hidup (life skill) secara afektif, kognitif dan psikomotorik. Untuk menghasilkan lulusan siap kerja dibutuhkan perencanaan sejumlah input, proses dan output yang terprogram. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa program studi pendidikan dan latihan mekanik alat berat di Sekolah Vokasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan lulusan pendidikan vokasi setelah menerapkan konsep model pembelajaran berbasis industri, apakah model tersebut berpengaruh terhadap peningkatan skill keterserapan lulusan di pasar kerja. Manfaat dalam penelitian ini dapat diketahui pengaruh konsep pembelajaran berbasis industri terhadap skill keterserapan lulusan di pasar kerja. Penelitian ini mengambil data secara populasi, yaitu sejumlah 30 mahasiswa dan pengumpulan data melalui angket, observasi dan wawancara. Metode analisis melalui regresi untuk mengetahui ada pengaruh siqnifikan atau tidak antara variabel konsep pembelajaran berbasis industri terhadap variabel keterserapan lulusan di pasar kerja. Berdasar penelitian yang dilakukan bagi mahasiswa pendidikan vokasi program mekanik alat berat Sekolah Vokasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, bahwa implementasi pendidikan berbasis industri mampu meningkatkan keterserapan lulusan di pasar kerja. Besarnya pengaruh konsep pendidikan berbasis industri pada pendidikan vokasi terhadap skill keterserapan lulusan di pasar kerja sebesar 0.933 atau 93.3%.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectindustrien_US
dc.subjectketerserapanen_US
dc.subjectvokasien_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Skill Lulusan Melalui Pendidikan Berbasis Industri (Industrial Based Program) Sekolah Vokasi Universitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record