dc.contributor.author | Suranto, Suranto | |
dc.date.accessioned | 2014-07-03T05:10:55Z | |
dc.date.available | 2014-07-03T05:10:55Z | |
dc.date.issued | 2014-03-27 | |
dc.identifier.citation | Agung Budi Susanto, 2012. Sinergitas Pendidikan Vokasi dan Industri untuk menjawab Kebutuhan Tenaga Kerja Terampil. Makalah Seminar Nasiona. di Grand Aston Jogjakarta. 29 November 2012. Badan Pusat Stastistik. 2011. Laporan presiden republik indonesia. ketenagakerjaan dan pengangguran. Jakarta. Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Goodsell, 2005. Vocatinal educational. a paper presented in partial fulfillment for TED 531 History and Philosophy of Technology Education State University of New York-Oswego, diambil pada tanggal 19 Oktober 2010, dari http://www.oswego.edu. Santoso, Singgih. 2001. Analisis Multivariat. PT. Alex Mediatindo. Jakarta. Sulipan, 2006. Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Berbasis Kompetensi. Diambil tanggal 12 Juni 2011 http://www.geocities.com pp, 4-8 Suranto. 2012. Developing the Entrepreneurship Incubator Model to Increase Students Independence of Entrepreneurship Mentality,. Dissertation. Yogyakarta: Graduate School, Yogyakarta State University, 2012. Suranto, 2013. Dokumentasi Photo Penelitian Mahasiswa Program Mekanik Alat Berat, Sekolah Vokasi Universitas Muhammadiyah Surakarta., tidak diterbitkan. | en_US |
dc.identifier.issn | 2337-4349 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/4524 | |
dc.description.abstract | Pendidikan vokasi bertujuan menghasilkan dan membentuk karakter lulusan agar siap
kerja, siap mandiri dan siap berkarya dibekali kecakapan hidup (life skill) secara afektif,
kognitif dan psikomotorik. Untuk menghasilkan lulusan siap kerja dibutuhkan perencanaan
sejumlah input, proses dan output yang terprogram. Penelitian ini dilaksanakan pada
mahasiswa program studi pendidikan dan latihan mekanik alat berat di Sekolah Vokasi
Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan
lulusan pendidikan vokasi setelah menerapkan konsep model pembelajaran berbasis industri,
apakah model tersebut berpengaruh terhadap peningkatan skill keterserapan lulusan di pasar
kerja. Manfaat dalam penelitian ini dapat diketahui pengaruh konsep pembelajaran berbasis
industri terhadap skill keterserapan lulusan di pasar kerja. Penelitian ini mengambil data secara
populasi, yaitu sejumlah 30 mahasiswa dan pengumpulan data melalui angket, observasi dan
wawancara. Metode analisis melalui regresi untuk mengetahui ada pengaruh siqnifikan atau
tidak antara variabel konsep pembelajaran berbasis industri terhadap variabel keterserapan
lulusan di pasar kerja. Berdasar penelitian yang dilakukan bagi mahasiswa pendidikan vokasi
program mekanik alat berat Sekolah Vokasi Universitas Muhammadiyah Surakarta, bahwa
implementasi pendidikan berbasis industri mampu meningkatkan keterserapan lulusan di pasar
kerja. Besarnya pengaruh konsep pendidikan berbasis industri pada pendidikan vokasi terhadap
skill keterserapan lulusan di pasar kerja sebesar 0.933 atau 93.3%. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | Pendidikan | en_US |
dc.subject | industri | en_US |
dc.subject | keterserapan | en_US |
dc.subject | vokasi | en_US |
dc.title | Peningkatan Kemampuan Skill Lulusan Melalui Pendidikan Berbasis Industri (Industrial Based Program) Sekolah Vokasi Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.type | Article | en_US |