dc.contributor.author | Murtono | |
dc.date.accessioned | 2014-07-14T02:52:15Z | |
dc.date.available | 2014-07-14T02:52:15Z | |
dc.date.issued | 2012-12 | |
dc.identifier.citation | Alwasilah, Chaedar. 2000. “Membenahi Kuliah MKDU Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Dalam Kaswanti Purwa (Ed). Kajian Serba Linguistik untuk Anton M. Moeliono Pereksa Bahasa. Halaman 677-693. Jakarta: BPK Gunung Mulia dalam kerja sama dengan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Alwi, Hasan. Ed. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Arends, R.I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: McGraw-Hill. Ary, D, L.C. Jacobs, & A. Razaveih. 1985. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Diterjemahkan oleh Arief Furchan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Brown, H.D. 2004. Language Assessment Principles and Classroom Practices. San Fran- cisco: Longman. Copi, I.M. 1978. Introduction to Logic. New York: Macmillan Publishing Co. Inc. Crawley, S.J & L. Mountain. 1995. Strategies for Guiding Content Reading. Boston: Allyn and Bacon. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Kerja sama Sekolah Pascasarjana UPI dan Remaja Rosdakarya. Johnson, R.T. & D.W. Johnson. 2006. What is Cooperative Learning? Minneapolis, Minne- sota: The Cooperative Learning Center at the University of Minnesota. Joyce, B., M. Weil, & E. Calhoun. 2009. Models of Teaching (8th ed.). Boston: Allyn Bacon/ Pearson. Leonard, S. H.. 1967. Principles of Reasoning: An Introduction to Logic, Methodology and The Theory of Sign. New York: McMillan Publishing Inc. Puchta, H. & M. Rinvolucri. 2005. Multiple Intelligences in ELT: Exercises for secondary and adult students. Helping Languages. Tersedia di http:// www.helblinglanguages.com. Diunduh pada 10 Juni 2010. Rahim, Farida. 2003. “Pengajaran Membaca di Kelas IV Sekolah Dasar 08 Padang”. Disertasi Universitas Negeri Malang. Slavin. R.E. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. London: Allyn & Bacon. Sumardi, Mulyanto. 2000. “Pengajaran Bahasa Indonesia yang Efektif dan Efisien di SLTA”, dalam Kaswanti Purwa (Ed). Kajian Serba Linguistik untuk Anton M. Moeliono Pereksa Bahasa. Jakarta: BPK Gunung Mulia bekerja sama dengan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. | en_US |
dc.identifier.issn | 0852-9604 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/4541 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan perbedaan keterampilan membaca
kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran CIRC, Jigsaw, dan STAD, (2)
menemukan perbedaan keterampilan membaca siswa yang memiliki kemampuan
logika berbahasa tinggi dan rendah, dan (3) menemukan interaksi penggunaan
ketiga jenis model pembelajaran kooperatif dan kemampuan logika berbahasa dalam memengaruhi keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan disain faktorial 3x2. Manipulasi dilakukan pada variabel model pembelajaran. Kelompok eksperimen dibedakan atas siswa yang memiliki kemampuan logika berbahasa tinggi dan rendah. Populasi adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di Jawa Tengah tahun pelajaran 2011/2012, sedangkan sampel adalah siswa kelas 5 pada 12 SD di empat kabupaten/kota yang berjumlah 364 siswa yang diambil dengan teknik multi stage area random sampling. Data keterampilan membaca dan kemampuan logika ditentukan dengan tes. Data disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan dianalisis. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan. Hasil penelitiannya adalah: (1) keterampilan membaca siswa dengan model CIRC lebih baik daripada yang belajar dengan jenis Jigsaw ataupun jenis STAD, sedangkan keterampilan membaca kelompok siswa yang mengikuti model jenis Jigsaw dan jenis STAD sama baiknya; (2) Keterampilan membaca kelompok siswa yang memiliki kemampuan logika bahasa tinggi lebih baik daripada kelompok siswa yang memiliki kemampuan logika bahasa rendah; (3) Terdapat interaksi antara jenis model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan logika berbahasa dalam mempengaruhi keterampilan membaca | en_US |
dc.publisher | LPPM UMS | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Kooperatif CIRC | en_US |
dc.subject | Jigsaw | en_US |
dc.subject | STAD | en_US |
dc.subject | Keterampilan Membaca | en_US |
dc.subject | Kemampuan Logika Berbahasa | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CIRC, JIGSAW, DAN STAD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DITINJAU DARI KEMAMPUAN LOGIKA BERBAHASA Studi Eksperimen di Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah | en_US |
dc.type | Article | en_US |