Pengembangan Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Bermuatan Kesantunan Berbahasa Lintas Budaya: Ancangan Psikolinguistik Pendidikan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku pelajaran Bahasa Indone- sia yang bermuatan kesantunan berbahasa lintas budaya. Metode penelitian ini adalah research development. Sumber data penelitian ini guru-guru, orang tua siswa, dan siswa-siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA di Semarang, Purwokerto, dan Sukoharjo. Instrumen penelitian meliputi wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini: (1) kesantunan berbahasa peserta didik termanifestasikan pada kalimat bermodus performatif berpagar, pernyataan keinginan, dan rumusan sa- ran dalam bertindak tutur, (2) produk pengembangan berupa paket buku Santun Berbahasa Indonesia dan lampiran berupa Panduan Penulisan Buku Bahasa Indo- nesia Berbasis Kesantunan, dan CD materi pembelajaran. Produk pengembangan tersebut telah dinilai oleh ahli mata pelajaran dan media pendidikan sehingga layak digunakan sebagai salah satu sarana belajar peserta didik di sekolah untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, bersastra, dan sekaligus dapat meningkatkan kesantunan berbahasa.