dc.identifier.citation | Asher, R.E. and Simpson J.M.Y. (eds). 1994. The Encyclopedia of Language and Linguis- tics, Vol. 6. Oxford: Pergamon Press. Blum-Kulka, Shoshana. 1987. “Indirectness and Politeness in Requests: Same or Different?” Journal of Pragmatics 11, 131 – 146. Brown, Penelope and Stephen C. Levinson. 1987. Politeness: Some Universals in Lan- guage Usage. Cambridge: Cambridge University Press. BSNP. 2006. Sosialisasi Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: IKAPI, Pusbuk, dan BSNP. Depdiknas. 2004. Model Pengintegrasian Budi Pekerti ke dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikdasmen. Fraser, Bruce. 1990. “Perspectives on Politeness”, dalam Journal of Pragmatics, 14 : 219 – 236. Fasold, Ralph. 1990. The Sociolinguistics of Language. Oxford: Blackwell. Gall, Meredith D., Joyce P. Gall, dan Walter R. Borg. 1983. Educational Research An Intro- duction (4th ed.). New York: Pearson Education, Inc. Grice, H.P. 1975. “Logic in Converstion” dalam Syntax and Semantics (P. Cole dan J.L. Morgan Ed.). New York: Academic Press. Harsono, Eko B. 2001. “Membawa Pendidikan Budi Pekerti ke Sekolah”. Suara Pembaharuan, 2 Mei 2001. Leech, Geoffery . 1983. Priciples of Pragmatics. London: Longman. Media Indonesia. 25-5-2001. “Program Budi Pekerti Diluncurkan”, p. 2. Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Press. | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku pelajaran Bahasa Indone- sia yang bermuatan kesantunan berbahasa lintas budaya. Metode penelitian ini adalah research development. Sumber data penelitian ini guru-guru, orang tua siswa, dan siswa-siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA di Semarang, Purwokerto, dan Sukoharjo. Instrumen penelitian meliputi wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini: (1) kesantunan berbahasa peserta didik termanifestasikan pada kalimat bermodus performatif berpagar, pernyataan keinginan, dan rumusan sa- ran dalam bertindak tutur, (2) produk pengembangan berupa paket buku Santun Berbahasa Indonesia dan lampiran berupa Panduan Penulisan Buku Bahasa Indo- nesia Berbasis Kesantunan, dan CD materi pembelajaran. Produk pengembangan tersebut telah dinilai oleh ahli mata pelajaran dan media pendidikan sehingga layak digunakan sebagai salah satu sarana belajar peserta didik di sekolah untuk meningkatkan keterampilan berbahasa, bersastra, dan sekaligus dapat meningkatkan kesantunan berbahasa. | en_US |