Halangan Berpindah untuk Mempertahankan Loyalitas Pengguna Blackberry Smartphones
Abstract
Persaingan pasar antara Blackberry dengan smartphone Android sangat kuat. Pasar Android semakin mengeser posisi Blackberry sebagai penguasa smartphones. Dalam kondisi seperti ini Blackberry perlu untuk mempertahankan loyalitas penggunanya dengan memberi perhatian pada faktor relasional seperti rasa percaya (trust) dan meningkatkan kepuasan penggunanya (customer satisfaction). Penelitian terdahulu menemukan bahwa trust dan customer satisfaction berpengaruh terhadap customer loyalty. Namun konsumen yang merasakan kepuasan dan mempunyai rasa percaya yang tinggi terhadap suatu produk tidak selalu berperilaku loyal, sehingga untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, perusahaan perlu membuat strategi tertentu. Halangan berpindah adalah salah satu strategi yang dapat
digunakan. Dengan halangan berpindah konsumen akan merasakan sesuatu yang mahal atau sulit berpindah ke merek atau produk lain. Salah satu halangan berpindah adalah biaya Persaingan pasar antara Blackberry dengan smartphone Android sangat kuat. Pasar Android
semakin mengeser posisi Blackberry sebagai penguasa smartphones. Dalam kondisi seperti
ini Blackberry perlu untuk mempertahankan loyalitas penggunanya dengan memberi perhatian
pada faktor relasional seperti rasa percaya (trust) dan meningkatkan kepuasan penggunanya
(customer satisfaction). Penelitian terdahulu menemukan bahwa trust dan customer
satisfaction berpengaruh terhadap customer loyalty. Namun konsumen yang merasakan
kepuasan dan mempunyai rasa percaya yang tinggi terhadap suatu produk tidak selalu
berperilaku loyal, sehingga untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, perusahaan perlu
membuat strategi tertentu. Halangan berpindah adalah salah satu strategi yang dapat
digunakan. Dengan halangan berpindah konsumen akan merasakan sesuatu yang mahal atau
sulit berpindah ke merek atau produk lain. Salah satu halangan berpindah adalah biaya
berpindah (switching cost). Biaya berpindah adalah biaya yang harus ditanggung konsumen
karena berpindah pada produk atau jasa yang lain. Artikel ini akan membahas tentang trust,
custmer satisfaction dan switching cost yang akan berpengaruh terhadap customer loyalty Persaingan pasar antara Blackberry dengan smartphone Android sangat kuat. Pasar Android
semakin mengeser posisi Blackberry sebagai penguasa smartphones. Dalam kondisi seperti
ini Blackberry perlu untuk mempertahankan loyalitas penggunanya dengan memberi perhatian
pada faktor relasional seperti rasa percaya (trust) dan meningkatkan kepuasan penggunanya
(customer satisfaction). Penelitian terdahulu menemukan bahwa trust dan customer
satisfaction berpengaruh terhadap customer loyalty. Namun konsumen yang merasakan
kepuasan dan mempunyai rasa percaya yang tinggi terhadap suatu produk tidak selalu
berperilaku loyal, sehingga untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, perusahaan perlu
membuat strategi tertentu. Halangan berpindah adalah salah satu strategi yang dapat
digunakan. Dengan halangan berpindah konsumen akan merasakan sesuatu yang mahal atau
sulit berpindah ke merek atau produk lain. Salah satu halangan berpindah adalah biaya
berpindah (switching cost). Biaya berpindah adalah biaya yang harus ditanggung konsumen
karena berpindah pada produk atau jasa yang lain. Artikel ini akan membahas tentang trust,
custmer satisfaction dan switching cost yang akan berpengaruh terhadap customer loyalty pada pengguna Blackberry Smartphones.
berpindah (switching cost). Biaya berpindah adalah biaya yang harus ditanggung konsumen karena berpindah pada produk atau jasa yang lain. Artikel ini akan membahas tentang trust, custmer satisfaction dan switching cost yang akan berpengaruh terhadap customer loyalty pada pengguna Blackberry Smartphones.