Perkembangan Desain Produk Berbasis Budaya di Indonesia
View/ Open
Date
2014-03Author
Setyaningrum, Ratih
Ahimsa-Putra, Heddy Shri
Metadata
Show full item recordAbstract
Indonesia kaya akan nilai-nilai kebudayaan dan memiliki beragam suku bangsa. Oleh sebab itu,
Indonesia merupakan pangsa pasar produk budaya yang cukup potensial. Produk berorientasi
budaya Indonesia juga turut meramaikan pemasaran bidang transportasi dan home appliances.
Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis desain
produk berorientasi budaya di Indonesia dari aspek nilai kebudayaan dan aspek pemasaran.
Tahapan identifikasi dengan cara pengamatan perilaku, wawancara dan survei lapangan. Tahap
berikutnya, melakukan penilaian indikator kebudayaan yang terkandung dalam sebuah produk
kemudian melakukan klasifikasi produk budaya. Indikator-indikator kebudayaan yaitu organisasi
sosial, religi/keagamaan dan mata pencaharian. Hasil yang diperoleh antara lain, produk budaya
yang sukses mendominasi pasar di Indonesia adalah produk Multiple Purpose Vehicle (MPV), Viar
dan bentor. Produk MPV jenis Toyota Avansa telah mencapai penjualan 124.610 unit di bulan
April 2013. Disamping itu, motor bak terbuka beroda tiga merek Viar mampu meningkatkan
penjualan di Jateng sebesar 30%. Produk bentor juga telah menjadi simbol jatidiri bagi
masyarakat Gorontalo. Produk bentor mampu mengalami kenaikan penjualan sebesar 30%.Produk
tersebut diatas merupakan alat transportasi yang dirancang berlatarbelakang nilai budaya
organisasi sosial dan mata pencaharian penduduk Indonesia.Disamping itu, terdapat produk toilet
yang dirancang dengan latarbelakang agama mayoritas penduduk Indonesia. Toilet dilengkapi
pancuran air dan tedeng telah menjawab kebutuhan umat muslim tentang suci dari najis saat
kencing. Dengan demikian, produk-produk budaya telah sesuai dengan karakter masyarakat
Indonesia sehingga diminati dan memiliki pangsa pasar yang cukup besar.