• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Jurnal Penelitian Humaniora
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengelolaan Pembelajaran Tematik di Kelas 1 RSDBI Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    4.pdf (42.29Kb)
    Date
    2012-08-02
    Author
    Sumiyati, Atik
    Sutama
    Suyatmini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis tematik di kelas I RSDBI Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif. Hasil penelitian adalah:(1) tahap perencanaan dilakukan melalui kegiatan pemetaan kompetensi dasar. Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator dari beberapa mata pelajaran yang dipadukan. Kedua dilanjutkan dengan penentuan tema yang disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada pada mata pelajaran yang akan diajarkan.Tahapan selanjutnya adalah pembuatan jaringan tema yang berdasarkan kompetensi dasar dan indikator dari mata pelajaran yang akan diajarkan.Tahapan terakhir adalah penyusunan silabus dan RPP. (2)Pelaksanaan pembelajaran tematik dilakukan melalui tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. (3) Evaluasi pembelajaran tematik di SDN Purworejo dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu di awal KBM, pada saat KBM, dan di akhir KBM. Kegiatan evaluasi dilakukan dalam bentuk tertulis dan tidak tertulis. Evaluasi dalam bentuk tidak tertulis (evaluasi normatif) dinilai dari sikap dan perbuatan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar di kelas.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/4838
    Collections
    • Volume 13 No. 2, Agustus 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV