Show simple item record

dc.contributor.authorSumiyati, Atik
dc.contributor.authorSutama
dc.contributor.authorSuyatmini
dc.date.accessioned2014-09-12T07:56:58Z
dc.date.available2014-09-12T07:56:58Z
dc.date.issued2012-08-02
dc.identifier.citationAnonim. 2008. “Pelaksanaan Pembelajaran Tematik”. http://www.puslitiaknov.org/data/file/ 2008/makalah peserta/64 Hestv.% 20S. Diakses pada tanggal 1 Februari 2012. Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Cornejo, Carlos M., Ivan Ruiz-Rube, dan Juan Manuel Dodero. 2011. “Design of Learning Activities to Access Web-based Thematic Dynamic Resources”Handal, Boris dan Janette Bobis. 2004. “Teaching Mathematics Thematically: Teachers’ Perspectives”. (Mathematics Education Research Journal 2004, Vol. 16, No. 1, 3-18) Lally dan Laat. 2002. Cracking the Code: Learning to Collaborate and Collaborating to Learning a Networked Environment, Liu, Ming-Chou and Jhen-Yu Wang. 2010. “Investigating Knowledge Integration in Webbased Thematic Learning Using Concept Mapping Assessment”.Educational Technology & Society, 13 (2), 25-39. Mantja. 2007. Etnografi; Desain Penelitian Kualitatif Guruan dan Manajemen Guruan. Malang: Elang Mas Miles, Mattew dan Micael Huberman. 2004. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia. Peraturan Pemerintah Rl no 19 Tahun 2005 tetang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 78 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Guruan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.en_US
dc.identifier.issn14115190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4838
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis tematik di kelas I RSDBI Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif. Hasil penelitian adalah:(1) tahap perencanaan dilakukan melalui kegiatan pemetaan kompetensi dasar. Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator dari beberapa mata pelajaran yang dipadukan. Kedua dilanjutkan dengan penentuan tema yang disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada pada mata pelajaran yang akan diajarkan.Tahapan selanjutnya adalah pembuatan jaringan tema yang berdasarkan kompetensi dasar dan indikator dari mata pelajaran yang akan diajarkan.Tahapan terakhir adalah penyusunan silabus dan RPP. (2)Pelaksanaan pembelajaran tematik dilakukan melalui tiga tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. (3) Evaluasi pembelajaran tematik di SDN Purworejo dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu di awal KBM, pada saat KBM, dan di akhir KBM. Kegiatan evaluasi dilakukan dalam bentuk tertulis dan tidak tertulis. Evaluasi dalam bentuk tidak tertulis (evaluasi normatif) dinilai dari sikap dan perbuatan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar di kelas.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectpembelajaran tematiken_US
dc.subjectperencanaanen_US
dc.subjectpelaksanaan, dan evaluasien_US
dc.titlePengelolaan Pembelajaran Tematik di Kelas 1 RSDBI Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record