• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding University Research Colloquium
    • The 1st University Research Colloquium (URECOL) 2015
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding University Research Colloquium
    • The 1st University Research Colloquium (URECOL) 2015
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Segmentasi Pada Media Sosial Facebook Bagi Umkm Untuk Pemasaran Produk Melaui Internet (Studi Kasus Pada Umkm di Jepara)

    Thumbnail
    View/Open
    15.pdf (762.6Kb)
    Date
    2015-01-24
    Author
    Rosdhani, M. Rifqy
    Kristyasri, Bening
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan internet yang sangat pesat menciptakan peluang-peluang baru bagi dunia usaha. Peluang-peluang yang muncul banyak yang tidak terbayangkan sebelumnya akan menjadi bisnis yang menjanjikan. Jumlah pengguna internet di Indonesia yang semakin banyak, membuat pasar-pasar baru yang sebelumnya belum terbentuk. Media sosial seperti facebook, twitter, linkedin, dll, merupakan fenomena baru dalam pemasaran melalui internet. Biaya yang minimal, dengan dampak komunikasi yang luas dan cepat, membuat media sosial semakin banyak diminati oleh para pengguna internet. Facebook adalah salah satu media sosial yang diminati di Indonesia, terbukti dengan posisi Indonesia yang berada di urutan ke-4 pengguna facebook terbanyak dunia. Dalam kacamata bisnis, facebook adalah media dan pasar yang sangat menjanjikan. Tantangannya adalah pada pemilihan segmen yang tepat dan cara, serta isi komunikasinya. UMKM memiliki peluang yang cukup besar untuk melakukan pemasaran produk dan jasanya melalui facebook. Apalagi sebagian besar UMKM masih menganggap biaya promosi adalah sesuatu yang tidak perlu dikeluarkan. Dengan menggunakan facebook, UMKM akan sangat diuntungkan karena budget yang kecil atau gratis dan kecepatan penyebaran informasi yang sangt cepat. Permasalahannya adalah pada metode segmentasi di facebook yang masih perlu diteliti lebih mendalam dan disosialisasikan agar bisa dimanfaatkan oleh UMKM lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode segmentasi di facebook yang sesuai untuk UMKM dalam memasarkan produknya melalui internet. Penelitian akan dilakukan pada UMKM yang berada di Kabupaten Jepara, dengan beberapa jenis produk dan jasa yang dipasarkan. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan dapat membantu UMKM yang memasarkan produknya melalui internet, bisa memaksimalkan penggunaan media sosial facebook untuk peningkatan nilai dan volume jual produk dan jasanya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/5123
    Collections
    • The 1st University Research Colloquium (URECOL) 2015

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV