The Effectiveness of Peer Editing to Improve The Students’ Essay Writing Skill
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa menulis esai,
mendeskripsikan peningkatan aspek-aspek menulis, dan menemukan efektivitas peer
editing dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol nonequivalent.
Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa semester lima program studi pendidikan
bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo. Peneliti melibatkan dua kelas
sebagai sampel penelitian. Sebagai kelompok eksperimen, diambil kelas VA dengan
diajar menggunakan peer editing. Selanjutnya, diambil kelas VB sebagai kelompok
kontrol. Serangkaian perlakuan pada kedua kelompok dilakukan dari bulan Agustus
sampai Nopember 2014. Untuk pengumpulan data digunakan tes menulis. Statistik
deskriptif dan inferensial digunakan untuk analisis data. Setelah data dianalisis, diperoleh
beberapa temuan. Pertama, nilai rata-rata menulis mahasiswa adalah 71.2 yang
termasuk kategori baik. Kedua, semua aspek menulis dapat meningkat. Peningkatan
yang signifikan ada pada aspek isi (2.6 poin) dan kosakata (1.9 poin). Aspek
pengorganisasian, tata bahasa, dan mekanik tidak meningkat secara signifikan, yakni
0.3-0.7 poin. Ketiga, hasil penghitungan menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih tinggi
dari t-tabel (3.602>2.000). Hal ini berarti bahwa penggunaan peer editing efektif untuk
meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa.