dc.contributor.author | Tusino, Tusino | |
dc.date.accessioned | 2015-02-12T09:19:18Z | |
dc.date.available | 2015-02-12T09:19:18Z | |
dc.date.issued | 2013-08 | |
dc.identifier.citation | Bram, Barli. 1995.Write Well: Improving Writing Skills. Yogyakarta: Kanisius. Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. White Plains. New York: Pearson Education, Inc. Calderonello, Alice Heim and Bruce L Edwards. 1996. Roughdrafts: The Process of Writing. Massachusetts: Houghton Mifflin Company. Harmer, Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching. 3rd Edition. New York: Pearson Education Limited. Graves, Donald. 1994. A Fresh Look at Writing. Heinemann: Heinemann Press. Karegianes, Myra L. 2000. The Effects of Peer Editing on the Writing Proficiency. New York: Pearson Education Inc. Livingston, Kathy. 2001. “Guide to Writing a Basic Essay”. (http://members.tripod.com/~lklivingston/ essay/topic.html. accessed on 20 September, 2014 at 10 a.m. Oshima, Alice and Hogue, Ann. 1991. Writing Academic English: A Writing and Sentence Structure Handbook. 2nd Ed. London: Addison-Wesley Publishing Company, Inc. Richards, Jack, C. and Willy Renandya. 2002.Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. London: Cambridge University Press. Zemach, Dorothy E. and Li | en_US |
dc.identifier.issn | 1411-5190 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5234 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa menulis esai,
mendeskripsikan peningkatan aspek-aspek menulis, dan menemukan efektivitas peer
editing dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol nonequivalent.
Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa semester lima program studi pendidikan
bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo. Peneliti melibatkan dua kelas
sebagai sampel penelitian. Sebagai kelompok eksperimen, diambil kelas VA dengan
diajar menggunakan peer editing. Selanjutnya, diambil kelas VB sebagai kelompok
kontrol. Serangkaian perlakuan pada kedua kelompok dilakukan dari bulan Agustus
sampai Nopember 2014. Untuk pengumpulan data digunakan tes menulis. Statistik
deskriptif dan inferensial digunakan untuk analisis data. Setelah data dianalisis, diperoleh
beberapa temuan. Pertama, nilai rata-rata menulis mahasiswa adalah 71.2 yang
termasuk kategori baik. Kedua, semua aspek menulis dapat meningkat. Peningkatan
yang signifikan ada pada aspek isi (2.6 poin) dan kosakata (1.9 poin). Aspek
pengorganisasian, tata bahasa, dan mekanik tidak meningkat secara signifikan, yakni
0.3-0.7 poin. Ketiga, hasil penghitungan menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih tinggi
dari t-tabel (3.602>2.000). Hal ini berarti bahwa penggunaan peer editing efektif untuk
meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | menulis | en_US |
dc.subject | kemampuan menulis | en_US |
dc.subject | peer editing | en_US |
dc.title | The Effectiveness of Peer Editing to Improve The Students’ Essay Writing Skill | en_US |
dc.type | Article | en_US |