Show simple item record

dc.contributor.authorTusino, Tusino
dc.date.accessioned2015-02-12T09:19:18Z
dc.date.available2015-02-12T09:19:18Z
dc.date.issued2013-08
dc.identifier.citationBram, Barli. 1995.Write Well: Improving Writing Skills. Yogyakarta: Kanisius. Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. White Plains. New York: Pearson Education, Inc. Calderonello, Alice Heim and Bruce L Edwards. 1996. Roughdrafts: The Process of Writing. Massachusetts: Houghton Mifflin Company. Harmer, Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching. 3rd Edition. New York: Pearson Education Limited. Graves, Donald. 1994. A Fresh Look at Writing. Heinemann: Heinemann Press. Karegianes, Myra L. 2000. The Effects of Peer Editing on the Writing Proficiency. New York: Pearson Education Inc. Livingston, Kathy. 2001. “Guide to Writing a Basic Essay”. (http://members.tripod.com/~lklivingston/ essay/topic.html. accessed on 20 September, 2014 at 10 a.m. Oshima, Alice and Hogue, Ann. 1991. Writing Academic English: A Writing and Sentence Structure Handbook. 2nd Ed. London: Addison-Wesley Publishing Company, Inc. Richards, Jack, C. and Willy Renandya. 2002.Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. London: Cambridge University Press. Zemach, Dorothy E. and Lien_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5234
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa menulis esai, mendeskripsikan peningkatan aspek-aspek menulis, dan menemukan efektivitas peer editing dalam meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol nonequivalent. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa semester lima program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo. Peneliti melibatkan dua kelas sebagai sampel penelitian. Sebagai kelompok eksperimen, diambil kelas VA dengan diajar menggunakan peer editing. Selanjutnya, diambil kelas VB sebagai kelompok kontrol. Serangkaian perlakuan pada kedua kelompok dilakukan dari bulan Agustus sampai Nopember 2014. Untuk pengumpulan data digunakan tes menulis. Statistik deskriptif dan inferensial digunakan untuk analisis data. Setelah data dianalisis, diperoleh beberapa temuan. Pertama, nilai rata-rata menulis mahasiswa adalah 71.2 yang termasuk kategori baik. Kedua, semua aspek menulis dapat meningkat. Peningkatan yang signifikan ada pada aspek isi (2.6 poin) dan kosakata (1.9 poin). Aspek pengorganisasian, tata bahasa, dan mekanik tidak meningkat secara signifikan, yakni 0.3-0.7 poin. Ketiga, hasil penghitungan menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih tinggi dari t-tabel (3.602>2.000). Hal ini berarti bahwa penggunaan peer editing efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectmenulisen_US
dc.subjectkemampuan menulisen_US
dc.subjectpeer editingen_US
dc.titleThe Effectiveness of Peer Editing to Improve The Students’ Essay Writing Skillen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record