Students’ Mastery of Systemic Functional Grammar and Its Classroom Implementation: a Naturalistic Study at English Department of Tidar University
Abstract
Pengajaran bahasa Inggris di Indonesia berorientasi pada jenis teks atau genre.
Pengajarannya berdasarkan konsep bahwa bahasa adalah sebuah sistem pilihan untuk
penulis dan penutur dapat berkomunikasi dengan fungsi-fungsi bahasa untuk
mengekspresikan pengalamannya dalam berinteraksi dengan orang lain dan agar pesan
yang disampaikan bersifat koheren. Systemic functional grammar yang melihat bahasa
sebagai sebuah cara membuat makna yang strategis diimplemntasikan. Namun, fakta
menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa tentang hal ini rendah, yakni nilai ratarata
hasil ujian tidak memuaskan, di bawah 70. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan (1) penguasaan mahasiswa dalam interpersonal, eksperiensial, dan
tekstual, dan (2) mendeskripsikan implimentasi proses pembelajaran systemic functional
grammar di Jurusan Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah naturalistik. Subjek
penelitian ini adalah seorang dosen dan 30 mahasiswa yang mengambil mata kuliah
Structure 3. Data diperoleh melalui observasi dalam kegiatan belajar-mengajar dan
dokumen yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penguasaan mahasiswa
tentang sistem fungsional gramatikal mahasiswa rendah. Mereka kurang mampu dalam
menganalisis klausa majemuk dan majemuk bertingkat pada teks lisan.