Show simple item record

dc.contributor.authorWinarsih, Dwi
dc.date.accessioned2015-02-12T09:24:16Z
dc.date.available2015-02-12T09:24:16Z
dc.date.issued2013-08
dc.identifier.citationBloor, T., and M. Bloor. 2004. The Functional Analysis of English: A Hallidayan Approach, (2nd Edition), London: Arnold. Butt, D., R. Fahey, S. Feez, S. Spinks, C. Yallop. 2000.Using Functional Grammar: An Explorer’s Guide (2nd Edition), Sydney: Macquarie University. Eggins, Suzanne. 2004. An Introduction to Systemic Functional Linguistics. London : Continuum. Gerot, Linda and Wignell, Peter. 1994. Making Sense of Functional Grammar. Sydney : Gerd Stabler. Halliday, M., and C. Matthiessen. 2004. An Introduction to Functional Grammar (3rd Edition), London: Arnold. Hammond, J. et al. 1992. English for Social Purposes: A Handbook for Teachers of Adult Literacy. Sydney : National Centre for English Language Teaching and Research. Hudelson, S. 1994. Literacy Development of Second Language Children. In F. Genesee (Ed.), Educating Second Language Children: The Whole Child, the Wholecurriculum, the Whole Community (pp. 129-158). New York: Cambridge University Press. Lock. Graham. 1996. Functional English Grammar. British : CUP Thompson, Geoff. 1996. Introducing Functional Grammar. London : Arnold.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5236
dc.description.abstractPengajaran bahasa Inggris di Indonesia berorientasi pada jenis teks atau genre. Pengajarannya berdasarkan konsep bahwa bahasa adalah sebuah sistem pilihan untuk penulis dan penutur dapat berkomunikasi dengan fungsi-fungsi bahasa untuk mengekspresikan pengalamannya dalam berinteraksi dengan orang lain dan agar pesan yang disampaikan bersifat koheren. Systemic functional grammar yang melihat bahasa sebagai sebuah cara membuat makna yang strategis diimplemntasikan. Namun, fakta menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa tentang hal ini rendah, yakni nilai ratarata hasil ujian tidak memuaskan, di bawah 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penguasaan mahasiswa dalam interpersonal, eksperiensial, dan tekstual, dan (2) mendeskripsikan implimentasi proses pembelajaran systemic functional grammar di Jurusan Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah naturalistik. Subjek penelitian ini adalah seorang dosen dan 30 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Structure 3. Data diperoleh melalui observasi dalam kegiatan belajar-mengajar dan dokumen yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penguasaan mahasiswa tentang sistem fungsional gramatikal mahasiswa rendah. Mereka kurang mampu dalam menganalisis klausa majemuk dan majemuk bertingkat pada teks lisan.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjecttatabahasa fungsional sistemiken_US
dc.subjectmeta fungsi interpersonalen_US
dc.subjectmeta fungsi eksperiensialen_US
dc.subjectmeta fungsi tekstualen_US
dc.titleStudents’ Mastery of Systemic Functional Grammar and Its Classroom Implementation: a Naturalistic Study at English Department of Tidar Universityen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record