Pemakaian Majas dalam Rubrik Gagasan pada Surat Kabar Solopos dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SMP Negeri 3 Sragen
View/ Open
Date
2013-08Author
Widianto, Joko
Ngalim, Abdul
Wahyudi, Agus Budi
Metadata
Show full item recordAbstract
Ada tiga tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Mengidentifikasi jenis majas yang dipakai
dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos. (2) Mendeskripsikan relevansi
pemakaian majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos dengan Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar pembelajaran Bahasa Indonesia. (3) Menjelaskan
implementasi pemakaian majas dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Sragen. Objek
penelitian ini adalah gaya bahasa atau majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar
Solopos. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Metode yang
digunakan untuk analisis data adalah metode padan subjenis referensial. Berdasarkan
hasil penelitian terdapat tiga simpulan: (1) pemakaian majas dalam rubrik gagasan
pada surat kabar Solopos terdapat beberapa jenis majas, yaitu majas repetisi, hiperbol,
persamaan atau simile, metafora, personifikasi, sinekdok, ironi, sarkasme, dan sinestesia.
Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa dibanding dengan jenis-jenis majas
yang lain, majas yang lebih banyak digunakan dalam tulisan gagasan atau opini yang
diteliti adalah majas personifikasi. (2) Berkaitan dengan relevansi dan implementasinya
dalam pembelajaran majas dalam Bahasa Indonesia dapat disimpulkan bahwa hasil
analisis majas dalam wacana pada rubrik gagasan surat kabar Solopos tersebut relevan
dengan materi yang disampaikan kepada peserta didik sebagai pengganti bahan ajar
yang sudah ada. (3) Berdasarkan hasil implementasinya dalam pembelajaran dapat
disimpulkan bahwa pemakaian bahan ajar tersebut dapat meningkatkan pengetahuan
dan prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan perbandingan nilai tes awal dengan
nilai tes akhir siswa yang mengalami kenaikan. Nilai rata-rata tes awal (pretest) yaitu
62, sedang nilai rata-rata tes akhir (postest) 76.