dc.contributor.author | Widianto, Joko | |
dc.contributor.author | Ngalim, Abdul | |
dc.contributor.author | Wahyudi, Agus Budi | |
dc.date.accessioned | 2015-02-12T09:29:31Z | |
dc.date.available | 2015-02-12T09:29:31Z | |
dc.date.issued | 2013-08 | |
dc.identifier.citation | Hashemian, Mahmood. 2011. “Perceived Attributions of Discourse Goals for Using Metaphors and Similes by Iranian EFL Undergraduates”. Linguistik Online. Volume 46. Issue 2 Article 11 (http://www.linguistik-online.de, diakses 11 Februari 2011). Keraf, Gorys. 2005. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Kondaiah, Krishna. (2004). “Metaphorical Systems and their Implications to Teaching English as a Foreign Language”. Asian EFL Journal. Volume 6. Issue 1 Article 3 (http://www.asianefl- journal.com, diakses 4 Maret 2004). Mahsum, 2005.Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Steger, Bahren Umar. 2005. “Gejala Metaforis dan Menotimisasi”. Linguistik Indonesia, Tahun ke 23, Nomor 2 Agustus 2005, halaman 168-181. Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. Waridah, Ernawati. 2009. EYD & Seputar Kebahasaan-Indonesia. Jakarta: Kawan Pustaka. | en_US |
dc.identifier.issn | 1411-5190 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5237 | |
dc.description.abstract | Ada tiga tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Mengidentifikasi jenis majas yang dipakai
dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos. (2) Mendeskripsikan relevansi
pemakaian majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos dengan Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar pembelajaran Bahasa Indonesia. (3) Menjelaskan
implementasi pemakaian majas dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Sragen. Objek
penelitian ini adalah gaya bahasa atau majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar
Solopos. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Metode yang
digunakan untuk analisis data adalah metode padan subjenis referensial. Berdasarkan
hasil penelitian terdapat tiga simpulan: (1) pemakaian majas dalam rubrik gagasan
pada surat kabar Solopos terdapat beberapa jenis majas, yaitu majas repetisi, hiperbol,
persamaan atau simile, metafora, personifikasi, sinekdok, ironi, sarkasme, dan sinestesia.
Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa dibanding dengan jenis-jenis majas
yang lain, majas yang lebih banyak digunakan dalam tulisan gagasan atau opini yang
diteliti adalah majas personifikasi. (2) Berkaitan dengan relevansi dan implementasinya
dalam pembelajaran majas dalam Bahasa Indonesia dapat disimpulkan bahwa hasil
analisis majas dalam wacana pada rubrik gagasan surat kabar Solopos tersebut relevan
dengan materi yang disampaikan kepada peserta didik sebagai pengganti bahan ajar
yang sudah ada. (3) Berdasarkan hasil implementasinya dalam pembelajaran dapat
disimpulkan bahwa pemakaian bahan ajar tersebut dapat meningkatkan pengetahuan
dan prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan perbandingan nilai tes awal dengan
nilai tes akhir siswa yang mengalami kenaikan. Nilai rata-rata tes awal (pretest) yaitu
62, sedang nilai rata-rata tes akhir (postest) 76. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | majas | en_US |
dc.subject | kompetensi | en_US |
dc.subject | kompetensi dasar | en_US |
dc.subject | pembelajaran | en_US |
dc.title | Pemakaian Majas dalam Rubrik Gagasan pada Surat Kabar Solopos dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SMP Negeri 3 Sragen | en_US |
dc.type | Article | en_US |