Show simple item record

dc.contributor.authorWidianto, Joko
dc.contributor.authorNgalim, Abdul
dc.contributor.authorWahyudi, Agus Budi
dc.date.accessioned2015-02-12T09:29:31Z
dc.date.available2015-02-12T09:29:31Z
dc.date.issued2013-08
dc.identifier.citationHashemian, Mahmood. 2011. “Perceived Attributions of Discourse Goals for Using Metaphors and Similes by Iranian EFL Undergraduates”. Linguistik Online. Volume 46. Issue 2 Article 11 (http://www.linguistik-online.de, diakses 11 Februari 2011). Keraf, Gorys. 2005. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Kondaiah, Krishna. (2004). “Metaphorical Systems and their Implications to Teaching English as a Foreign Language”. Asian EFL Journal. Volume 6. Issue 1 Article 3 (http://www.asianefl- journal.com, diakses 4 Maret 2004). Mahsum, 2005.Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Mulyasa. 2008. Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Steger, Bahren Umar. 2005. “Gejala Metaforis dan Menotimisasi”. Linguistik Indonesia, Tahun ke 23, Nomor 2 Agustus 2005, halaman 168-181. Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. Waridah, Ernawati. 2009. EYD & Seputar Kebahasaan-Indonesia. Jakarta: Kawan Pustaka.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5237
dc.description.abstractAda tiga tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Mengidentifikasi jenis majas yang dipakai dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos. (2) Mendeskripsikan relevansi pemakaian majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pembelajaran Bahasa Indonesia. (3) Menjelaskan implementasi pemakaian majas dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Sragen. Objek penelitian ini adalah gaya bahasa atau majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos. Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah metode padan subjenis referensial. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga simpulan: (1) pemakaian majas dalam rubrik gagasan pada surat kabar Solopos terdapat beberapa jenis majas, yaitu majas repetisi, hiperbol, persamaan atau simile, metafora, personifikasi, sinekdok, ironi, sarkasme, dan sinestesia. Dari hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa dibanding dengan jenis-jenis majas yang lain, majas yang lebih banyak digunakan dalam tulisan gagasan atau opini yang diteliti adalah majas personifikasi. (2) Berkaitan dengan relevansi dan implementasinya dalam pembelajaran majas dalam Bahasa Indonesia dapat disimpulkan bahwa hasil analisis majas dalam wacana pada rubrik gagasan surat kabar Solopos tersebut relevan dengan materi yang disampaikan kepada peserta didik sebagai pengganti bahan ajar yang sudah ada. (3) Berdasarkan hasil implementasinya dalam pembelajaran dapat disimpulkan bahwa pemakaian bahan ajar tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan perbandingan nilai tes awal dengan nilai tes akhir siswa yang mengalami kenaikan. Nilai rata-rata tes awal (pretest) yaitu 62, sedang nilai rata-rata tes akhir (postest) 76.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectmajasen_US
dc.subjectkompetensien_US
dc.subjectkompetensi dasaren_US
dc.subjectpembelajaranen_US
dc.titlePemakaian Majas dalam Rubrik Gagasan pada Surat Kabar Solopos dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SMP Negeri 3 Sragenen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record