Hubungan Kualitas Pelayanan, Status Ekonomi, Status Pendidikan terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Simpati dl Surakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui hubungan kualitas pelayanan, status
ekonomi, status pendidikan terhadap loyalitas pelanggan kartu Simpati di Surakarta.
Objek penelitian ini adalah pelanggan kartu Simpati di Surakarta. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan teknik
pengumpulan data dengan distribusi kuisioner. Hasil pengujian statistik uji t diperoleh
thitung sebesar 6.088; pvalue (sig.) sebesar 0,000, dan koefisien regresi 0,663. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan (X1) terhadap loyalitas
pelanggan; (2) hasil pengujian statistik uji t diperoleh thitung sebesar 0,228; P.value (sig.)
sebesar 0,820, dan koefisien regresi 0,560. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat
pengaruh status ekonomi (X2) terhadap loyalitas pelanggan; dan (3) hasil pengujian
statistik uji t diperoleh thitung sebesar 1,820; p.value (sig.) sebesar 0,071, dan koefisien
regresi -0,759. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh status pendidikan
(Xa) terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini mengindikasikan bahwa pertambahan kualitas
pelayanan secara simultan bersama- sama dengan status ekonomi dan pendidikan dapat
meningkatkan loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa terdapat hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan kartu Simpati
di Surakarta. Tidak terdapat hubungan status ekonomi dengan loyalitas pelanggan kartu
Simpati. Tidak terdapat hubungan status pendidikan dengan loyalitas pelanggan kartu
Simpati. Secara simultan kualitas pelayanan, status ekonomi, dan status pendidikan
mempunyai hubungan dan pengaruh terhadap loyalitas pelanggan kartu Simpati di
Surakarta.