Perilaku Struktur Perkerasan Menggunakan Lapis Foamed Asphalt Berdasarkan Analisis Software Bisar - 3.0
Abstract
Paper ini melaporkan hasil analisis perilaku struktur perkerasan jalan yang menggunakan foamed asphalt plus
semen sebagai material lapisan base-course dengan simulasi beban vertikal dan horizontal gempa menggunakan
software Bisar-3. Analisis menggunakan tiga buah skenario struktur perkerasan yang mana modulus lapis foamed
asphalt dibuat bervariasi yaitu 500, 1000 dan 2500 MPa. Beban vertikal menggunakan single wheel load sebesar 40 kN
dengan tegangan sebesar 600 kPa, sementara beban horizontal gempa menggunakan angka 600 kPa. Respon strain yang
dihitung dengan menggunakan software BISAR 3.0. kemudian dipelajari perbedaan dan perubahannya. Didapatkan hasil
bahwa penggunaan foamed asphalt plus semen sebagai base course dapat mengkontrol kekakuan struktur secara
keseluruhan sehingga fleksibilitasnya dapat diatur sesuai keinginan. Struktur perkerasan tetap membutuhkan kehadiran
lapisan sub-base untuk mereduksi beban yang diterima oleh pondasi sub-grade. Saat cement bound material (CBM)
digunakan sebagai lapis sub-base ternyata menyebabkan nilai maksimum tensile strain yang terjadi bergeser ke arah
tengah atas lapisan. Ketiga skenario yang diuji diketahui tidak mampu mengantisipasi beban horisontal gempa secara
efektif. Sebuah lapis tipis permukaan yang bermodulus tinggi dinilai lebih efektif untuk mereduksi tensile dan
compressive strain yang terjadi pada lapisan base course. Peningkatan nilai modulus foamed asphalt lebih berfungsi
mereduksi nilai strain yang terjadi bila tanpa beban horisontal gempa.