Panduan Menggambar bagi Anak Berbasis Komputer
Abstract
Menggambar adalah salah satu cara untuk mengekspresikan perasaan melalui goresan pena.
Biasanya anak kecil akan merasa kesulitan saat mulai menggambar, sebab jari-jarinya masih perlu
dilatih untuk membuat suatu lukisan. Salah satu wadah untuk belajar menggambar adalah di PAUD
(Pendidikan Anak Usia Dini). PAUD adalah pendidikan dasar bagi anak-anak untuk mendukung
pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, rasa sosial, emosional, serta kemampuan
komunikasi sesuai keunikan dan tahap-tahap perkembangan anak usia dini. Kegiatan untuk
mengembangkan kreatifitas dan melatih kecerdasan emosional anak dapat dilakukan melalui
pendidikan seni, salah satunya adalah melalui kegiatan menggambar berbagai lukisan.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berupa aplikasi yang interaktif dengan
materi dasar menggambar bunga, buah, dan binatang. Panduan menggambar ini diharapkan mampu
mempermudah kegiatan belajar dasar menggambar bagi anak-anak serta membantu pendidik dalam
menyampaikan materi tersebut. Rancang bangun pembelajaran dibuat menggunakan game engine
Construct 2 berbasis HTML5 dengan pengolah data menggunakan fitur visual effect serta pengaturan
event dan action pada setiap layout sehingga menjadi materi dasar menggambar. Materi yang
disajikan ada 3 (tiga) jenis melalui metode menggambar dengan cara merangkai garis dari tahap
awal membuat sebuah gambar hingga tahap mewarnai, serta dilengkapi game edukasi dan simulasi
tes buta warna metode Ishihara.
Berdasarkan pengujian yang dilaksanakan di KB IT & RA Permata Hati Jebres dapat disimpulkan
bahwa 80% guru dan 96% siswa menyatakan aplikasi pembelajaran ini membantu belajar
menggambar para siswa serta membantu pendidik dalam menyampaikan materi tersebut.