dc.identifier.citation | Bernell Corporation. 2014. Ishihara Pseudoisochromatic Test, dilihat 2 April 2014 http://www.bernell. com/product/GF125/272 Heriprasetyo. 2012. Keyframe dan Animation pada HTML5, dilihat 13 Februari 2014http://blog.uad. ac.id/heriprasetyo/2012/06/13/keyframe-dan-animation-pada-HTML5-htm Hernawati, Kuswari. 2012. Pengenalan Teknologi Sejak Dini Dengan Belajar Sambil Bermain Melalui Smartphone, Universitas Negeri Yogyakarta. Khotimah, Nurul. 2012. Pembelajaran Berbasis Anak Dalam Pengembangan Seni (Rupa) Di PAUD Batik Dan PAUD Sabitul Azmi Sidoarjo. Universitas Negeri Sidoarjo. Nuswantoro, Irwan. 2012. Aku Jago Menggambar Bunga. Jakarta: Cerdas Interaktif. Pepaya Persada. 2013. Coba Tes Mata Anda Disini Yuk Apakah Buta Warna, dilihat 7 Maret 2014 <http://www.pepaya.com/coba-tes-mata-anda-disini-yuk-apakah-buata-warna.htm> Rizkiansyah, Irvan. 2013. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Teknik Bermain Piano Berbasis Multimedia Di Lembaga Kursus Musik “Ethnictro” Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Saputra, Elvin. 2014. Belajar Menggambar & Mewarnai Buah dan Sayuran, Buku 1. Tangerang Selatan: PAPERPLUS Publisher. Surati. 2013. Strategi Pembangunan Game Edukasi Berbasis Desktop Untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Universitas Surakarta. Suyadi, dkk. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. Tim CIF. 2012. Kitab Gambar Untuk Anak. Jakarta: Cerdas Interaktif. Widianingsih Ratih, dkk. 2010. Aplikasi Tes Buta Warna Dengan Metode Ishihara Berbasis Komputer, Universitas Mulawarman. Yunianti, Esterica. 2011. Penerapan Pendekatan Constructive Play Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkreasi Dalam Kegiatan Menggambar Bebas Pada Peserta Didik Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Karangjati, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010/1011, Universitas Sebelas Maret. Zharwo. 2012. Cara Paling Cepat & Gampang Gambar Mamalia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. | in_ID |
dc.description.abstract | Menggambar adalah salah satu cara untuk mengekspresikan perasaan melalui goresan pena.
Biasanya anak kecil akan merasa kesulitan saat mulai menggambar, sebab jari-jarinya masih perlu
dilatih untuk membuat suatu lukisan. Salah satu wadah untuk belajar menggambar adalah di PAUD
(Pendidikan Anak Usia Dini). PAUD adalah pendidikan dasar bagi anak-anak untuk mendukung
pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, rasa sosial, emosional, serta kemampuan
komunikasi sesuai keunikan dan tahap-tahap perkembangan anak usia dini. Kegiatan untuk
mengembangkan kreatifitas dan melatih kecerdasan emosional anak dapat dilakukan melalui
pendidikan seni, salah satunya adalah melalui kegiatan menggambar berbagai lukisan.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran berupa aplikasi yang interaktif dengan
materi dasar menggambar bunga, buah, dan binatang. Panduan menggambar ini diharapkan mampu
mempermudah kegiatan belajar dasar menggambar bagi anak-anak serta membantu pendidik dalam
menyampaikan materi tersebut. Rancang bangun pembelajaran dibuat menggunakan game engine
Construct 2 berbasis HTML5 dengan pengolah data menggunakan fitur visual effect serta pengaturan
event dan action pada setiap layout sehingga menjadi materi dasar menggambar. Materi yang
disajikan ada 3 (tiga) jenis melalui metode menggambar dengan cara merangkai garis dari tahap
awal membuat sebuah gambar hingga tahap mewarnai, serta dilengkapi game edukasi dan simulasi
tes buta warna metode Ishihara.
Berdasarkan pengujian yang dilaksanakan di KB IT & RA Permata Hati Jebres dapat disimpulkan
bahwa 80% guru dan 96% siswa menyatakan aplikasi pembelajaran ini membantu belajar
menggambar para siswa serta membantu pendidik dalam menyampaikan materi tersebut. | in_ID |