Pengembangan Industri Kreatif Anak-Anak Dalam Pendidikan Komunitas Berbasis Kecerdasan Bahasa
Abstract
Pengembangan industri kreatif anak-anak dalam pendidikan komunitas berbasis kecerdasan bahasa adalah mengembangan pendidikan komunitas anak-anak dengan menerapkan serangkai proses kinerja industri secara kreatif untuk meningkatkan kecerdasan bahasa anak. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kreativitas berbahasa anak-anak dalam menghasilkan karya-karya kreatif bahasa anak, seperti puisi, cerita pendek, novel, skenario, baca puisi, drama, dan sebagainya. Pengembangannya dilakukan melalui enam kegiatan penting, yaitu [1] membangun tempat belajar yang berorientasikan pada alam, karena dari alam bahan baku belajar atau alam sebagai sumber dan media belajar; [2] membangun hubungan organisasi sumber daya manusia [guru dan anak] dengan basis kekeluargaan sehingga akan berpadu harmonis dalam belajar [berproduksi] berkarya; [3] mengorganisasi kecerdasan bahasa sebagai mesin produksi untuk mengolah alam sebagai bahan dan sumber belajar; [4] pelaksanaan proses produksi dilakukan melalui serangkaian kegiatan pembelajaran yang kreatif yang menyenangkan; [5] belajar berorientasikan pada hasil [produk] karya kreatif yang akan didistribusikan yang meliputi: karya intelektual, karya performa kreasi, dan karya aktivitas kreatif; [6] distribusi sebagai cara memasyarakatkan karya anak-anak untuk mendapatkan apresiasi dari masyarakat, melalui: majalah dinding, bulletin, media massa, media sosial, penerbitan, lomba, pameran, dan pementasan