Persepsi dan Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Api Prameks
Abstract
Bagi pengguna jasa, kinerja sebuah layanan jasa sangat menentukan tingkat keberlangsungan
pemakai jasa dalam mengkonsumsi layanan jasa tersebut. Begitu pula halnya dengan layanan jasa
berupa moda transportasi KA Prambanan Ekspres (Prameks). Pihak operator (PT. KAI) sebagai
sebuah organisasi pelayanan jasa transportasi perlu mengetahui bagaimana kinerja mereka yang
diterima oleh konsumennya. Informasi mengenai persepsi dan tingkat kepuasan pengguna KA
Prameks dapat dipergunakan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dan
dipertahankan agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil analisis data
didapatkan bahwa variabel pelayanan seperti kemudahan informasi dan kemudahan mendapatkan
tiket perlu dipertahankan, sedangkan variabel perlengkapan keselamatan penumpang, ketepatan
waktu perjalanan, kenyamanan tempat duduk, keramahan petugas, kebersihan di dalam kereta api
perlu mendapatkan perhatian yang serius dalam meningkatkan pelayanannya kepada pengguna.