dc.identifier.citation | Anonim, (2007), “Perkeretaapian “, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2007 Anonim, (2009), “Penyelenggaraan Perkeretaapian”, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2009. Handayani, D., (2004), ” Karakteristik Pengguna Kereta Api Komuter Surabaya-Sidoarjo”, Tugas Akhir, Program Sarjana Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Kristen Petra, Surabaya. Santoso, S., (2001),” Aplikasi Excel Pada Marketing dan Riset Konsumen”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. Siahaan, A.,(1995),” Analisis Perilaku Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Moda Angkutan Penumpang Rute Bandung-Jakarta”, Magister Tesis, Program Magister Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung, Bandung. Supranto M.A., J., (1997), “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan”, Rineka Cipta, Jakarta. Umar, H., (2003), ” Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa”, Ghalia Indonesia, Jakarta. | in_ID |
dc.description.abstract | Bagi pengguna jasa, kinerja sebuah layanan jasa sangat menentukan tingkat keberlangsungan
pemakai jasa dalam mengkonsumsi layanan jasa tersebut. Begitu pula halnya dengan layanan jasa
berupa moda transportasi KA Prambanan Ekspres (Prameks). Pihak operator (PT. KAI) sebagai
sebuah organisasi pelayanan jasa transportasi perlu mengetahui bagaimana kinerja mereka yang
diterima oleh konsumennya. Informasi mengenai persepsi dan tingkat kepuasan pengguna KA
Prameks dapat dipergunakan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dan
dipertahankan agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil analisis data
didapatkan bahwa variabel pelayanan seperti kemudahan informasi dan kemudahan mendapatkan
tiket perlu dipertahankan, sedangkan variabel perlengkapan keselamatan penumpang, ketepatan
waktu perjalanan, kenyamanan tempat duduk, keramahan petugas, kebersihan di dalam kereta api
perlu mendapatkan perhatian yang serius dalam meningkatkan pelayanannya kepada pengguna. | in_ID |