dc.identifier.citation | [1] Afia Rahmadini 2012. Pemberdayaan Pembelajaran Materi Ajar Identifikasi Sifat-Sifat Menyelesaikan masalah luas bangun datar Bagi Pengembangan Nilai Karakter Berpikir Kritis dan Logis. Jurnal Kreano. 3(1): 1-12. [2] Hudoyo, Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran matematika. Common Text Book (Edisi Revisi). Malang: Universitas Negeri Malang. [3] Muchayat, 2011. Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Strategi Ideal Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter. Jurnal PP. 1(2): 1-9. [4]Ni Nyoman Parwati, 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Open-ended Problem Solving. Jurnal Ilmu Pendidikan. 18(1): 1-8 [5]Orton. Anthony. 1991. Learning Mathematics: Issue, theory and Classroom Practice. Can Pupils. Discover Mathematics for Themselves.Caseel: University of Leeds Centre for Studies Science and Mathematics Education. [6]Suryadi, 1999. Current Situation on Mathematics and Secience Education in Bandung: Bandung JICA-IMSTEP. [7]Thiagarajan, S. dkk. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A sourcebook. Central for Innovation on the Handicapped.: Bloomington Indiana | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika
dengan model pembelajaran pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis
siswa yang valid dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah meliputi: (1) Silabus, (2)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (3) Buku Siswa, (4) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (5) Tes
Kemampuan Penalaran Matematis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada jenis
pengembangan model 4-D (Four D Model) yang telah dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel
yang dimodifikasi menjadi tiga tahap. Ketiga tahap tersebut antara lain: tahap pendefinisian
(define),perancangan (design), pengembangan (develop,). Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Pada proses pengembangan dihasilakan
perangkat pembelajaran yang valid menurut ahli. Hasil validasi Silabus 3,39, RPP 3,40, buku siswa 3,58,
LKS 3,68, dan tes kemampuan penalaran matematis 3,85. Sehingga nilai validasi termasuk dalam kategori
valid. Di samping itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga efektif. Hal ini dapat ditunjukkan
bahwa : (1) kemampuan penalaran matematis siswa mencapai ketuntasan.Rata-rata kemampuan penalaran
matematis siswa sebesar 80,95 (2) terdapat perbedaan antara kemampuan penalaran matematis antara kelas
eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen 80,95 lebih
baik dari rata-rata nilai tes kemampuan penalaran matematis kelas kontrol 64,38. | in_ID |