Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
Browse by
Recent Submissions
-
Strategi Guru Matematika dalam Menghadapi Asean Economic community (AEC) 2015 Melalui Implementasi Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Dalam makalah ini pertama disajikan tentang isyu-isyu strategis tahun 2015-2019 yang relevan dengan profesi guru matematika. Kedua akan dibicarakan mengenai startegi dan kesiapan guru (pendidik) matematika dalam menghadapi ... -
Peranan Indoms untuk Pengembangan Bidang Matematika di Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)IndoMS (Himpunan Matematika Indonesia) sebagai suatu himpunan profesi bidang matematika yang berdiri sejak tahun 1976 di Bandung berkembang secara pesat baik dari sisi kuantitas maupun kualitas anggota dan aktivitasnya. ... -
Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07) -
Penutup Himpunan Bayangan Sederhana pada Pemetaan Reguler Kuat dalam Aljabar Maks-Plus
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Aljabar maks-plus merupakan suatu himpunan , dengan adalah himpunan bilangan real yang dilengkapi dengan operasi dan . Identitas operasi maks adalah dan identitas operasi plus adalah . Untuk setiap operasi dan didefinisikan ... -
Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika dan salah satu daya matematika yang harus dimiliki siswa, karena itu siswa harus mendapat pengalaman belajar dan terampil memecahkan masalah matematika. ... -
Pengembangan Bahan Ajar Dimensi Tiga dengan pendeKatan Scientific untuk Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini berdasarkan kesulitan siswa SMA dalam mempelajari materi dimensi tiga yang disebabkan oleh bahan ajar yang tidak sesuai dengan lintasan belajar siswa, bahan ajar tersebut hanya berdasarkan asumsi-asumsi ... -
Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Metode Jarimatika pada Materi Perkalian
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI NU Wasilatut Taqwa pada materi operasi hitung perkalian. ... -
Pengembangan Instructional Video Berbasis Multimedia untuk Materi Sistem Koordinat
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seorang guru idealnya harus mampu mengelola proses pembelajaran yang dapat memotivasi, kreatif, serta inovatif untuk menciptakan perangkat pembelajaran yang baik untuk ... -
Pembelajaran Lesson Study Berbantuan Software Graphmatica dalam Materi Transformasi Grafik Fungsi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Kemampuan spasial seorang siswa mempunyai tingkat berbeda dengan siswa yang lainnya.Dengan kemampuan ini siswa dapat lebih cepat memahami suatu materi matematika yang berkaitan dengan ruang. Pada artikel ini akan dibahas ... -
Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pembelajaran Two Stay Two Stray yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematis siswa, dan peningkatan ... -
Identifikasi Relevance Values dan Theoretical Knowledge Valuesdi Buku Matematika Sekolah Menengah Pertama Semester I Kelas VII yang Menerapkan Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)The purposes of this research study are (1) To identify how relevance values and theoretical knowledge values presented in Junior High School Semester I Year VII mathematics textbook applying 2013 curriculum; (2) To ... -
Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Matematika Berdasarkan Teori Respon Butir
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Studi ini bertujuan untuk melihat kualitas tes ujian akhir semester (UAS) matematika berdasarkan teori respon butir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ... -
Modifikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan NHT dengan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diantara model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL, NHT dengan pendekatan CTL dan langsung, model pembelajaran manakah yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Ditinjau dari Interaksi Sosial Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan saintifik, siswa dengan tingkat interaksi sosial ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Mathematics terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri I Tempurejo Jember
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pembelajaran matematika di luar kelas terhadap perubahan sikap siswa terhadap matematika pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tempurejo ... -
Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Faktorisasi Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa kemampuan tinggi dalam memecahkan masalah pada materi faktorisasi bentuk aljabar, (2) untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa kemampuan ... -
Diagnosis Kesulitan Pemecahan Masalah Statistika Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Turen Malang dan Upaya Mengatasinya dengan Pemberian Scaffolding
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Dalam pembelajaran matematika, pemecahan masalah merupakan hal yang sangat penting, karena siswadapat mengembangkan daya nalar untuk berfikir ke tingkat lebih tinggi. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan dalam ... -
Kesulitan Melukis, Memahami Lingkaran Dalam dan Luar Segitiga pada Mahasiswa Semester 1 Pendidikan Matematika UMS
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)This studyaimed to describethe ability ofstudentsin paintingandunderstand thegeometry ofthe field on thecoursecompetenciesin thecircleandoutside the triangleanddeterminethe causes ofthe difficultiesexperienced bystudents. ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivistik Menggunakan ICT Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIISMP Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sebagai prasyarat ... -
Pengembangan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan bahan ajar geometri analitik berbasis guided discovery yang dapat memfasilitasi pencapaian kemampuan berpikir kritis mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN ...