Model Pembinaan Pendidik Profesional (Suatu Penelitian Dengan Pendekatan Lesson Study Pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo)
Date
2014Author
Subadi, Tjipto
Sumardi, Sumardi
Khotimah, Rita Pramujiyanti
Sutarni, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendiskripsikan; 1) Validasi model pembinaan guru
profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SD
Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 2) Validasi model pembinaan guru profesional
melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SMP
Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 3) Validasi model pembinaan guru profesional
melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SMA, SMK
Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 4) Model pembinaan guru profesional melalui
lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SD, SMP, SMA, SMK
Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif
fenomenologi, paradigma penelitian menggunakan definisi sosial yang bergerak pada
kajian mikro, lokasi penelitian di Sekolah Muhammadiyah Sukoharjo. Informannya;
siswa, guru, Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, anggota DPR, dan dosen.
Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Teknik
analisis data menggunakan teori first order understanding dan second order
understanding, sedangkan alur analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan penelitian; 1) Validasi model pembinaan
guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di
SD, SMP, SMA, SMK Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo adalah lesson study
modifikasi empat tahap tiga siklus. Terdapat dua validasi lesson study sebagai model
pembinaan guru, yaitu: a) Validasi lesson study kelas tertutup. b) Validasi lesson study
kelas terbuka. 2) Sistem pendampingan implementasi pembelajaran berbasis lesson
study sebagai model pembinaan guru di Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo,
menggunakan sistem pendampingan dengan 4 pendekatan, yaitu; pendekatan empat
tahap tiga siklus, pendekatan saintifik, pendekatan PAKKEM dengan strategi
pembelajaran: PjBL (Project Based Learning), PBL (Problem Based Learning), DcL
(Descovery Learning), dan pendekatan Kompetensi