dc.contributor.author | Subadi, Tjipto | |
dc.contributor.author | Sumardi, Sumardi | |
dc.contributor.author | Khotimah, Rita Pramujiyanti | |
dc.contributor.author | Sutarni, Sri | |
dc.date.accessioned | 2015-04-16T09:13:05Z | |
dc.date.available | 2015-04-16T09:13:05Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.citation | Berger, P. and T. Luckman. 1967. The Social Construction of Reality. London. Allen Lane. ---------------. 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan. Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta. LP3ES. Chakhshi, Sonal, Clea Fernandes. 2004. Cellenger to Importing Japanes Lesson Study. Bloomington Concerns, Miscoseptions, and Nuancen. www.proquets.umi.com. ------------ . 2005. Reaping the Systemic Benefits of Lesson Study Bloomington: Insights from the U.S. Vol 86. www.proquets.umi.com. Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas RI. Lewis, Catherine C. 2002. Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc. Marsidi, A., dkk (2006) yang berjudul “Pengembangan Model Sekolah Unggulan Sekolah Dasar di Propinsi Sulawesi Selatan” (Laporan Penelitian tidak Terbit) Miles, B.M., Michael, H. 1992. Qualitative Data Analisys.Jakarta: UI Press Robinson N. 2006. Lesson Study: An example of its adaptation to Israeli middle school teachers. (Online): stwww.weizmann.ac.il/G-math/ICMI/ Robinson proposal.doc Richardson J. 2006. Lesson study: Teacher Learn How to Improve Instruction. Nasional Staff Development Council. (Online): www.nsdc.org. 03/05/06. Saito. E. 2006. Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving Schools. Vol.9 (1): 47-59 Sa‟dun dkk, 2006, “Pengembangan Model Pembelajaran Tematik untuk Kelas 1 dan 2 SD” (Laporan Penelitian tidak Terbit) Subadi. T., Sutarni, Ritas P., Kh. (2013). A Lesson Study as a Development Model of Professional Teachers. (Macrothink Institute Journal International of Educatian. ISSN 1948-5476. Vol. 5, No. 22013). United States. info@macrothink.org. Website: www.macrothink.org. Subadi. T (2009). Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Se-Karesidenan Surakarta Tahun I (Laporan Penelitian di Publikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). ---------. 2009. Pengembangan Model Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study di Sekolah Dasar Kota Surakarta. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Tahun 18. Nomor 2 November 2009. ISSN 0854-8285. Malang: UN Malang. -------- . (2010). Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Se-Karesidenan Surakarta Tahun II (Laporan Penelitian di Publikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). -------- . (2011). Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Se-Karesidenan Surakarta Tahun III (Laporan Penelitian di Publikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). -------- . (2012). Medel Pembinaan Pendidik Profesional (Suatau Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Sukoharjo Tahun I (Laporan Penelitian Dipublikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). Stephen L. Thompson, 2007, Science Activities, Washington: Winter 2007. Vol. 43. Iss. 4, pg.27, 7 pgs. Stewart, R, Brederfur, J. 2005. Fusing Lesson Study and Aithetic Achievent. Bloomington: A. Model for Teacher Collabooration. www.proquest.umi.com Tim Piloting. 2007. Laporan Kegiatan Piloting. Bandung: IMSTEP-JICA FMIPA UPI Bandung. William Cerbin and Bryan Kopp. 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedogogical Knowledge and Improving Teaching. In International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 18 (3), 150-257. ISSN 1812-9129 | in_ID |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5722 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendiskripsikan; 1) Validasi model pembinaan guru
profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SD
Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 2) Validasi model pembinaan guru profesional
melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SMP
Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 3) Validasi model pembinaan guru profesional
melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SMA, SMK
Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 4) Model pembinaan guru profesional melalui
lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SD, SMP, SMA, SMK
Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif
fenomenologi, paradigma penelitian menggunakan definisi sosial yang bergerak pada
kajian mikro, lokasi penelitian di Sekolah Muhammadiyah Sukoharjo. Informannya;
siswa, guru, Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, anggota DPR, dan dosen.
Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Teknik
analisis data menggunakan teori first order understanding dan second order
understanding, sedangkan alur analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan penelitian; 1) Validasi model pembinaan
guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di
SD, SMP, SMA, SMK Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo adalah lesson study
modifikasi empat tahap tiga siklus. Terdapat dua validasi lesson study sebagai model
pembinaan guru, yaitu: a) Validasi lesson study kelas tertutup. b) Validasi lesson study
kelas terbuka. 2) Sistem pendampingan implementasi pembelajaran berbasis lesson
study sebagai model pembinaan guru di Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo,
menggunakan sistem pendampingan dengan 4 pendekatan, yaitu; pendekatan empat
tahap tiga siklus, pendekatan saintifik, pendekatan PAKKEM dengan strategi
pembelajaran: PjBL (Project Based Learning), PBL (Problem Based Learning), DcL
(Descovery Learning), dan pendekatan Kompetensi | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.title | Model Pembinaan Pendidik Profesional (Suatu Penelitian Dengan Pendekatan Lesson Study Pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo) | in_ID |
dc.type | Technical Report | in_ID |