Show simple item record

dc.contributor.authorSubadi, Tjipto
dc.contributor.authorSumardi, Sumardi
dc.contributor.authorKhotimah, Rita Pramujiyanti
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2015-04-16T09:13:05Z
dc.date.available2015-04-16T09:13:05Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.citationBerger, P. and T. Luckman. 1967. The Social Construction of Reality. London. Allen Lane. ---------------. 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan. Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta. LP3ES. Chakhshi, Sonal, Clea Fernandes. 2004. Cellenger to Importing Japanes Lesson Study. Bloomington Concerns, Miscoseptions, and Nuancen. www.proquets.umi.com. ------------ . 2005. Reaping the Systemic Benefits of Lesson Study Bloomington: Insights from the U.S. Vol 86. www.proquets.umi.com. Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas RI. Lewis, Catherine C. 2002. Lesson study: A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc. Marsidi, A., dkk (2006) yang berjudul “Pengembangan Model Sekolah Unggulan Sekolah Dasar di Propinsi Sulawesi Selatan” (Laporan Penelitian tidak Terbit) Miles, B.M., Michael, H. 1992. Qualitative Data Analisys.Jakarta: UI Press Robinson N. 2006. Lesson Study: An example of its adaptation to Israeli middle school teachers. (Online): stwww.weizmann.ac.il/G-math/ICMI/ Robinson proposal.doc Richardson J. 2006. Lesson study: Teacher Learn How to Improve Instruction. Nasional Staff Development Council. (Online): www.nsdc.org. 03/05/06. Saito. E. 2006. Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science Teacher Education Project. Improving Schools. Vol.9 (1): 47-59 Sa‟dun dkk, 2006, “Pengembangan Model Pembelajaran Tematik untuk Kelas 1 dan 2 SD” (Laporan Penelitian tidak Terbit) Subadi. T., Sutarni, Ritas P., Kh. (2013). A Lesson Study as a Development Model of Professional Teachers. (Macrothink Institute Journal International of Educatian. ISSN 1948-5476. Vol. 5, No. 22013). United States. info@macrothink.org. Website: www.macrothink.org. Subadi. T (2009). Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Se-Karesidenan Surakarta Tahun I (Laporan Penelitian di Publikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). ---------. 2009. Pengembangan Model Untuk Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study di Sekolah Dasar Kota Surakarta. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Tahun 18. Nomor 2 November 2009. ISSN 0854-8285. Malang: UN Malang. -------- . (2010). Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Se-Karesidenan Surakarta Tahun II (Laporan Penelitian di Publikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). -------- . (2011). Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Lesson Study Bagi Guru SD Se-Karesidenan Surakarta Tahun III (Laporan Penelitian di Publikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). -------- . (2012). Medel Pembinaan Pendidik Profesional (Suatau Penelitian dengan Pendekatan Lesson Study pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Sukoharjo Tahun I (Laporan Penelitian Dipublikasikan di Perpustakaan Pusat UMS). Stephen L. Thompson, 2007, Science Activities, Washington: Winter 2007. Vol. 43. Iss. 4, pg.27, 7 pgs. Stewart, R, Brederfur, J. 2005. Fusing Lesson Study and Aithetic Achievent. Bloomington: A. Model for Teacher Collabooration. www.proquest.umi.com Tim Piloting. 2007. Laporan Kegiatan Piloting. Bandung: IMSTEP-JICA FMIPA UPI Bandung. William Cerbin and Bryan Kopp. 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedogogical Knowledge and Improving Teaching. In International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 18 (3), 150-257. ISSN 1812-9129in_ID
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5722
dc.description.abstractTujuan penelitian ini mengkaji dan mendiskripsikan; 1) Validasi model pembinaan guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SD Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 2) Validasi model pembinaan guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SMP Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 3) Validasi model pembinaan guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SMA, SMK Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. 4) Model pembinaan guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SD, SMP, SMA, SMK Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi, paradigma penelitian menggunakan definisi sosial yang bergerak pada kajian mikro, lokasi penelitian di Sekolah Muhammadiyah Sukoharjo. Informannya; siswa, guru, Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, anggota DPR, dan dosen. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teori first order understanding dan second order understanding, sedangkan alur analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Kesimpulan penelitian; 1) Validasi model pembinaan guru profesional melalui lesson study untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SD, SMP, SMA, SMK Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo adalah lesson study modifikasi empat tahap tiga siklus. Terdapat dua validasi lesson study sebagai model pembinaan guru, yaitu: a) Validasi lesson study kelas tertutup. b) Validasi lesson study kelas terbuka. 2) Sistem pendampingan implementasi pembelajaran berbasis lesson study sebagai model pembinaan guru di Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo, menggunakan sistem pendampingan dengan 4 pendekatan, yaitu; pendekatan empat tahap tiga siklus, pendekatan saintifik, pendekatan PAKKEM dengan strategi pembelajaran: PjBL (Project Based Learning), PBL (Problem Based Learning), DcL (Descovery Learning), dan pendekatan Kompetensiin_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.titleModel Pembinaan Pendidik Profesional (Suatu Penelitian Dengan Pendekatan Lesson Study Pada Guru-Guru Sekolah Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo)in_ID
dc.typeTechnical Reportin_ID


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record