Show simple item record

dc.contributor.authorFaradilla, Arnes
dc.contributor.authorDharmastiti, Rini
dc.date.accessioned2015-05-12T07:17:42Z
dc.date.available2015-05-12T07:17:42Z
dc.date.issued2015-03
dc.identifier.citationAzwar, A., 2007. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip LingkaranPemecahan Masalah. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta. Flin, R., Mearns, K., O’Connor, P., and Bryden, R., 2000, Measuring Safety Climate: Identifying the Common Features, Safety Science, 34, 177–192. Hasibuan, C., 2014, Pengembangan Instrumen Persepsi Tim Medis Di Unit Gawat Darurat, Fakultas Teknik Mesin Dan Industri, Universitas Gadjah Mada. Hermanto, D., 2010. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di RSUD Dr. H. SoemarnoSosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur, Universitas Diponegoro. Kotler, P., 2007. Dasar-dasar Pemasaran, Jilid Sembilan.Edisi Bahasa Indonesia. PT. Indeks. Jakarta. Mardeen A., Brenda S., and Rajshekhar G., 1996. Happy Employees Lead To Loyal Patients ,Survey of nurse and patients shows a strong link between employee satisfaction and patient loyalty, Journal of Health Care Marketing, 16-23. Moore, D., Gamage, B., Bryce, E., Copes, R., and Yassi, A., 2005, Protecting Health Care Workers From SARS and Other Respiratory Pathogens. Organizational and Individual Factors that Affect Adherence To Infection Control Guidelines, American Journal of Infection Control, 33, (2), 88−96. Nieva, V.F., Sorra, J., 2003, Safety culture assessment: a tool for improving patient safety in healthcare organizations, Quality & Safety in Health Care,12, 1117–1123. Nieva, V.F., Sorra, J., 2004. Hospital Survey on Patient Safety Culture, AHRQ Publication, 04-0041. Okuyama, T., Akechi, T., and Kugaya, A., 2003, Development and Validation of the Cancer Fatigue Scale: a brief, three-dimensional, self rating scale for assessment of fatigue in cancer patients, Journal Pain Symptom Manage, Vol. 19. Rasheed, N., Arya S., Acharya A., Khandekar J., 2012. Client Satisfaction and Perceptions About Quality of Health Care at a Primary Health Centre of Delhi, India, Indian Journal of Community Health, 24, 3. Singer, S., Meterko, M., Baker, L., Gaba, D., Falwell, A., and Rosen, A., 2012, Patient Safety Climate in Healthcare Organizations (PSCHO), Measurement Instrument Database for the Social Science.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5893
dc.description.abstractPenilaian safety climate biasanya dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh karyawan untuk menilai komitmen manajemen dari organisasi dalam penerapan safety.Pengukuran safety climate pada healthcare dapat dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Beberapa kuesioner yang telah dikembangkan dan sering digunakan oleh beberapa peneliti adalah Hospital Survey Of Patient Safety Climate (HSOPSC) dan Safety Climate Questionaire (SAQ). Di Indonesia, telah dikembangkan kuesioner dalam mengukur safety climate pada rumah sakit yaitu kuesioner iklim keselamatan rumah sakit (KIKRS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian safety climate pada healthcare di Indonesia.Tujuan dari penelitian ini adalah ingin melihat hubungan antara safety climate dengan kepuasan pasien rawat inap serta membandingkan antara ketiga kuesioner untuk 2 RSUD di sebuah propinsi di Indonesia.Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor rumah sakit dalam meningkatkan pelayanannya, merupakan ukuran yang penting tentang kinerja rumah sakit dalam memenuhi kebutuhan dan harapan pasien serta dapat menjadi prediksi tentang minat pasien untuk kembali.Kuesioner KIKRS, SAQ, HSOPSC dan kepuasan pasien disebarkan pada 2 RSUD di sebuah propinsi dengan jumlah responden 60 gabungan perawat dan dokter, dan 60 pasien rawat inap. Penelitian ini memggunakan analisis statistik regresi linear untuk mengetahui hubungan antara iklim keselamatan dengan kepuasan pasien rawat inap.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa semua kuesioner dari kedua RSUD telah memenuhi uji Kolmogorov-Smirnov, semua data yang diperoleh juga tidak terjadi, semua data juga menunjukkan tidak ada autokorelasi atau tidak terdapat autokorelasi positif maupun negatif.Hasil regresi linear menunjukkan bahwa kuesioner HSOPSC memiliki konsistensi yang paling baik dan memiliki nilai Y (kepuasan pasien) tertinggi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectHSOPSCin_ID
dc.subjectIklim Keselamatanin_ID
dc.subjectKepuasan Pasienin_ID
dc.subjectKIKRSin_ID
dc.subjectSAQin_ID
dc.titlePenentuan Instrumen Persepsi Iklim Keselamatan Berdasarkan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakitin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record