dc.contributor.author | Nurdin, Mohamad | |
dc.date.accessioned | 2015-05-13T02:24:48Z | |
dc.date.available | 2015-05-13T02:24:48Z | |
dc.date.issued | 2015-03-07 | |
dc.identifier.citation | [1] Arikunto,S.1991. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara. [2] Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemdikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014 – 2015. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. [3] Hamdu G. & Agustina L. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12 No. 1, 81-86. [4] Herlina. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-G SMPN 07 Malang pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Artikel Ilmiah. Universitas Negeri Malang. [5] Kristini H. 2011. Pendekatan Deduktif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas X SMAN 2 Dusun Selatan dalam Menguasai Materi Logaritma. Jurnal Edukasi Matematika. Vol. 2, 221- 233. [6] Marlina dkk. 2011. Penggunaan Mind Map dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Fungsi Komposisi siswa kelas XI IPA SMA Kusuma Bangsa Palembang. Jurnal Edukasi Matematika, Vol. 2, 207 – 220. [7] Narohita G. A. 2011. Penerapan Strategi Pembelajaran Heuristik dengan Metode Bekerja Mundur untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Edukasi Matematika, Vol. 2, Tahun 2011, 144 – 151. [8] Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, (2014). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. [9] Santoso D. & Rochayati U. 2008. Meningkatkan Proses dan Hasi Belajar Rangkaian Listrik melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD. Artikel Ilmiah. Universitas Negeri Yogyakarta. [10] Suaidin. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran “Think-Talk-rite” sebagai Alternatif Pemecahan Masalah Matematika pada Wilayah SMA Binaan di Kabupaten Dompu melalui Supervisi Kolaboratif. Jurnal Edukasi Matematika Vol. 2, Tahun 2011, 152-162. [11] Sunilawati N.M. dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. (Volume 3 Tahun 2013). [12] Sutirjo. 2008. Menulis PTK Senikmat Minum Teh. Malang: Universitas Negeri Malang [13] Widyantini. 2011. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif TipeNumber Heads Together (NHT). Jurnal Edukasi Matematika, Vo. 2, 257 - 270. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.361.002.0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5957 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui apakah pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) berbasis masalah
dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah
Pertama Negeri 3 Purwosari Satu Atap Pasuruan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan mendiskripsikan data yang diperoleh yaitu prestasi
belajar siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Purwosari Satu
Atap Pasuruan pokok bahasan lingkaran tahun pelajaran 2014 -2015. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan
dengan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwapembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD)
berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah
Pertama Negeri 3 Purwosari Satu Atap Pasuruan kelas VIII B tahun pelajaran
2014 – 2015 pokok bahasan lingkaran dari 61,00% menjadi 80,81%. Saran tindak
lanjut dalam penelitian ini adalah untuk peneliti yang akan melakukan penenlitian
tentang pembelajaran kooperatif tipe STAD agar tidak hanya terbatas pada
prestasi belajar siswa, tetapi bisa diperluas seperti kemampuan siswa dalam
memecahkan masalah atau kemampuan siswa yang lain. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Pembelajaran Kooperatif | in_ID |
dc.subject | Student Teams-Achievement Division (STAD) Berbasis Masalah | in_ID |
dc.subject | Prestasi Belajar | in_ID |
dc.title | Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Purwosari Satu Atap Pasuruan | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |