Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika
siswa kelas IX-A di SMP Negeri 1 Yogyakarta dengan menggunakan metode penemuan terbimbing.
Adapun jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian tindakan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Kemmis Mc Taggart. Desain
penelitian tindakan kelas tersebut dikelompokkan atas empat tahapan, yaitu: (a) Perencanaan, (b)
pelaksanaan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 33 siswa kelas IX-A di
SMP Negeri 1 Yogyakarta. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran, tes hasil belajar matematika siswa, dan angket minat belajar matematika siswa. Data
penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang didukung
dengan analisis data secara kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diperoleh
hasil bahwa terdapat peningkatan minat belajar dari sebelum melaksanakan pembelajaran
metode penemuan terbimbing maupun antar siklus pembelajaran. Hal ini menunjukkan
bahwa dengan menerapkan pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing pada
pembelajaran matematika, minat belajar matematika siswa kelas IX-A SMP N 1 Yogyakarta dapat
ditingkatkan.