Show simple item record

dc.contributor.authorLidinillah, Dindin Abdul Muiz
dc.contributor.authorApriliya, Seni
dc.contributor.authorMuliyasari, Desiani Natalina
dc.contributor.authorAndriani, Eli Nurlela
dc.contributor.authorPratiwi, Vira
dc.date.accessioned2015-05-13T02:33:51Z
dc.date.available2015-05-13T02:33:51Z
dc.date.issued2015-03-07
dc.identifier.citation[1] Azad, Antoinette (2008). Children’s Literature and Math : How ELLs Benefit. Master Thesis Hamline University. Minnesota. [2] Kemendikbud (2013). Standar Isi SD, MI, dan SLBSD. Jakarta :Kemendikbud. [3] Haury, David L. (2001). Literature Based Mathematics in elementary School. Colombus USA: ERIC Clearinghouse for Science, Mathematics, and Environmental Education. [4] Jones, J. C. (2012). Visualizing Elementary and Middle School Mathematics Methods. Denver USA: John Wiley and Sons. [5] Lickona, Thomas (1992). Education for Character, How Our School Teach Respect and Responsibility. New York : Bantam Books. [6] NCTM (1989). Curriculum and Evaluation Standards For School Mathematic. Virginia : NCTM. [7] NCTM (2000). Principle and Standards for School Mathematic. Virginia : NCTM. [8] Plomp (2007). “Educational Design Research : An Introduction”, dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland : National Institute for Curriculum Development [9] van den Akker, J. et al., (2006). “Introducing Educational Design Research”, dalam Educational Design Research. New York : Routledgein_ID
dc.identifier.isbn978.602.361.002.0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/5960
dc.description.abstractPenelitian ini didasarkan pada masih kurangnya sumber bacaan untuk mendukung pendidikan karakter dan pembelajaran matematika SD di Indonesia. Kemampuan membaca memiliki peran dalam membangun kompetensi matematis siswa karena konteks matematis dalam teks dapat dipahami melalui kemampuan membaca yang baik. Buku bacaan anak dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika serta media pengembangan karakter sekaligus. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan model buku bacaan berbasis karakter sebagai sumber belajar matematika di SD yang dilakukan melalui model penelitian Educational Design Research. Penelitian ini melibatkan dosen, mahasiswa, guru, dan siswa SD. Buku bacaan anak yang dikembangkan memuat konsep pecahan untuk siswa kelas III SD serta mengandung pendidikan karakter yang terdapat pada kompetensi dasar aspek sikap sesuai Kurikulum 2013. Hasil penelitian ini berupa model serta prinsip desain dan model pengembangan buku bacaan berbasis karakter sebagai sumber pembelajaran matematika di SD serta respon positif guru dan siswa terhadap buku bacaan yang telah dikembangkan.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectbuku bacaan anakin_ID
dc.subjecteducational design researchin_ID
dc.subjectkarakterin_ID
dc.subjectdikembangkanin_ID
dc.titleBuku Bacaan Anak Berbasis Karakter Sebagai Sumber Belajar Matematika di Sekolah Dasarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record