dc.identifier.citation | [1] Bonne, L. & Pritchard, R., 2007. Teacher Researchers Questioning their Practice. Mathematics: Essential Research, Essential Practice — Volume 1, 133-142 [2] Erman Suherman. 1993. Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud. [3] Meij, H.V.D. 1994. Student Questioning: A Componential Analysis. Learning and Individual Differences, Volume 6, Number 2, 1994, pages 137-161. Twente University. [Online].Tersedia: http://www.pdoc.utwente.nl264121Meij94student.pdf [4] Ong, E.G., Lim, C.S., Ghazali, M. 2010. Examining The Changes in Novice and Experienced Mathematics Teachers’ Questioning Techniques Through The Lesson Study Process. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 2010, Vol. 33 No. 1, 86-109 [Online].Tersedia: http://www.recsam.edu.myR&D_JournalsYEAR2010june2010vol1ewegnoh%2886 -109%29.pdf [5] Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. [6] Teodoro, S.D., Donders, S., Davidson, J.K., Robertson, P., dan Schuyler, L. 2011. Asking Good Questions: Promoting Greater Understanding Of Mathematics Through Purposeful Teacher And Student Questioning. Canadian Journal of Action Research Volume 12, Issue 2, pages 18-29. [7] Wong, K.Y. 2012. Use of Student Mathematics Questioning to Promote Active Learning and Metacognition. 12th International Congress on Mathematical Education Program Name 8 July – 15 July, COEX, Seoul, Korea. Hlm 1-15 [Online]. Tersedia: http://www.icme12.orguploadsubmission1879_F.pdf | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis pertanyaan
yang diajukan guru berdasarkan Taksonomi Bloom dalam kegiatan pembelajaran matematika, yaitu
kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Purworejo
dimana satu orang guru (berpengalaman) yang dipilih dengan cara purposive sampling diamati
selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menemukan bahwa pada kegiatan pendahuluan, jenisjenis
pertanyaan yang sering diajukan guru adalah pertanyaan pengetahuan dan pertanyaan
penerapan. Selain itu, pada kegiatan pendahuluan guru sesekali mengajukan pertanyaan pemahaman
dan analisis. Pada kegiatan inti, jenis-jenis pertanyaan yang sering diajukan guru adalah pertanyaan
pengetahuan, pertanyaan pemahaman, pertanyaan penerapan, dan pertanyaan analisis. Guru juga
sesekali mengajukan pertanyaan sintesis dan pertanyaan evaluasi. Pada kegiatan penutup, jenis-jenis
pertanyaan yang diajukan guru adalah pertanyaan pengetahuan, pertanyaan penerapan, pertanyaan
analisis, dan pertanyaan evaluasi. Pada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup jenis pertanyaan
yang diajukan guru lebih didominasi dengan jenis pertanyaan pengetahuan. | in_ID |