dc.identifier.citation | [1] Agustina, Nanik. 2008. Permainan Ular Tangga Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN Kebonagung 06 Pakisaji Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: PGSD – FKIP UM [2] Pitajeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas. [3] Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas. [4] Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: Diva Press. [5]Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Jakarta: Pustaka Pelajar. [6] Wulandari, Niken. 2013. Penggunaan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Materi Bilangan Romawi pada Siswa Kelas IV MI Sunan Kalijogo Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter yang terbentuk
pada pembelajaranmatematika realistik berbasis permainan ular tangga.
Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui
kegiatan observasi dengan bantuan lembar observasi. Subjek penelitian adalah
kelas IVB SDN Tunjungsekar 3 Malang yang mengikuti pembelajaran dengan
permainan ular tangga di luar kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
melalui kegiatan bermain ular tangga, siswa belajar menyelesaikan masalahmasalah
realistik yang melibatkan pengetahuan matematika dengan cara
menyenangkan. Selain itu, aturan permainan yang digunakan secara tidak
langsung membiasakan siswa melakukan perbuatan positif atau membentuk
karakter positif. Karakter yang terbentuk, yaitu jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi,
bersahabat/komunikatif, peduli sosial, peduli lingkungan, dan bertanggung
jawab. Karakter tersebut merupakan nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh bangsa
Indonesia yang dapat membekali siswa dalam menghadapi perkembangan
IPTEK. Hal ini sejalan dengan keberadaan permainan ular tangga yang sejak
awal digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moral. | in_ID |