Identifikasi Proses Berpikir Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi Dalam Memecahkan Masalah Geometri pada Siswa SMP Penyandang Tunanetra
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi asimilasi atau akomodasi
yang terjadi pada proses berpikir siswa SMP penyandang tunanetra dalam memecahkan
masalah geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif.
Subjekpenelitian adalah 2 orang siswakelas VIII(buta total) di SMPLB Sri Soedewi
Jambi. Penelitian ini menggunakan tugas pemecahan masalah geometri dan rekaman
wawancara langsungyang mengarah pada pertanyaan langkah-langkah pemecahan
masalah geometri berdasarkan tahapan Mason.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
tahap entry, subjek penelitian mengalami asimilasi dan akomodasi, sedangkanpada tahap
attrack dan review, subjek penelitian mengalami asimilasi.Dengan demikian, subjek
penelitian cenderung mengalami asimilasi ketika berpikir memecahkan masalah geometri
berdasarkan tahapan Mason. Harapannya, ketika mengajar guru dapat menyesuaikan
kegiatan pembelajaran dengan kebutuhan siswa tunanetra.